Bupati Karanganyar, Juliyatmono, memotong dan menyerahkan tumpeng nasi kuning kepada pengurus PSC Karanganyar saat peringatan HUT ke-2 PSC di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Minggu (21/4/2019)./Istimewa/Dokumentasi PSC Karanganyar

Solopos.com, KARANGANYAR -- Salah satu komunitas di Kabupaten Karanganyar, Pejuang Sosial Community (PSC), merayakan HUT ke-2 pada Selasa (9/4/2019). Mereka merayakan HUT bertepatan dengan Hari Kartini, Minggu (21/4/2019).

Nuansa Kartini kentara selama pelaksanaan acara. Setiap tahun mereka mengisi kegiatan HUT dengan memberikan bantuan kepada sejumlah orang yang membutuhkan.

Mereka menyiapkan 30 paket sembako untuk lanjut usia (lansia) perempuan, perempuan yang bekerja sebagai juru parkir, perempuan pemulung dan 12 paket sembako plus uang untuk anak yatim. Mereka dipilih dari setiap kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Ketua PSC Karanganyar, Eko Daryanto, menyampaikan alasan sasaran bantuan kaum perempuan karena bertepatan dengan Hari Kartini.

"Tahun kemarin kami memberikan bantuan kepada warga lansia dan anak yatim. Nah tahun ini juga sama tetapi kami prioritaskan kepada kaum perempuan karena memperingati Hari Kartini," kata Eko saat berbincang dengan wartawan, Minggu (21/4/2019).

Salah satu penerima bantuan adalah Yeremia Desta Kristiaji, 11, dan adiknya, Yukebeth Agustin Putri Yuliani, 4. Kakak beradik itu menjadi korban kecelakaan lalu lintas di jalan sekitar Candi Sukuh beberapa waktu lalu. Keduanya yatim piatu karena orang tua meninggal akibat kecelakaan itu. PSC menyerahkan Rp9 juta.

"Kami menggalang donasi dari anggota PSC maupun dermawan lain selama beberapa waktu. Kami serahkan kepada keluarga mereka. Semoga meringankan beban," ungkap dia.

Eko mengungkapkan selama dua tahun PSC menghadapi tantangan terutama berkaitan dengan kesadaran masyarakat terhadap sesama. Eko mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar membuat Peraturan Daerah (Perda) No.13/2018 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia.

"Bersama-sama mewujudkan Kabupaten Karanganyar pelopor sosial. Itu tidak mudah tapi respons masyarakat dan didukung program Pemkab. Kami optimistis cita-cita menjadikan Karanganyar kabupaten pelopor sosial akan terwujud," ungkap dia.

Pada kesempatan itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dan Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Sumanto, menghadiri acara. Mereka berharap hubungan PSC dengan Pemkab maupun stakeholder terkait harmonis. "Keberadaan PSC semakin dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya. Gandeng komunitas lain untuk membantu masyarakat Karanganyar. Berikan bantuan tanpa membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan. PSC menumbuhkan kepedulian sosial masyarakat melibatkan komunitas, perseorangan, maupun pemerintah," tutur Bupati saat memberikan sambutan.

Avatar
Editor:
Riyanta

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten