SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo gowes alias berolahraga sepeda keliling wilayah. (JIBI/Solopos/Dok.)

HUT ke-67 Jateng yang dirayakan di Jepara bakal dimeriahkan Pesta Rakyat, Jumat-Minggu (25-27/8/2017).

Semarangpos.com, SEMARANG — Pesta Rakyat untuk merayakan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-67 Provinsi Jawa Tengah di Alun-Alun Kabupaten Jepara, Jumat-Minggu (25-27/8/2017), dibuka lebih awal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jumat mulai pukul 08.00 WIB, masyarakat sudah dapat menyaksikan beragam kegiatan, mulai dari pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), parade budaya, hiburan, dan job fair,” papar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri di Kota Semarang, Kamis (24/8/2017).

Semula, Pesta Rakyat yang rencananya dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Jumat pukul 15.30 WIB, akhirnya dimajukan menjadi pukul 07.30 WIB. Ia menjelaskan bahwa perubahan jadwal pembukaan Pesta Rakyat itu karena pada hari yang sama, Gubernur Ganjar Pranowo beserta jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah harus mengikuti Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Kota Solo yang rencananya dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

“Agar kedua acara bisa berjalan beriringan, maka pembukaan Pesta Rakyat dimajukan pada pagi hari, tapi masyarakat juga diuntungkan karena bisa menyaksikan Pesta Rakyat lebih lama,” ujarnya.

Dadang menyebutkan, pada pembukaan Pesta Rakyat juga akan diselenggarakan peluncuran Kartu Jateng Sejahtera untuk 12.765 penyandang penyakit kronis dan disabilitas yang belum mendapat bantuan dari APBN dan “grand launching” Sadewa Market yang mewadahi penjualan “online” untuk UMKM di Jateng.

Pada Jumat malam, kata dia, akan digelar Parade Seni Jateng yang diikuti 35 kontingen seni budaya se-Jateng dengan menampilkan beragam tari dan seni di sepanjang alun-alun. Keesokan harinya atau Sabtu (26/8/2017), masyarakat bisa mengikuti olahraga bersepeda Gowes Jelajah Jepara bersama gubernur dan anggota DPRD, baik provinsi maupun kabupaten/ kota.

Rute Gowes Jelajah Jepara akan dimulai dari alun-alun menuju Jl. A. Yani-Jl. Shima-Jl. Jepara-Bangsri-Perempatan Kedung Chino-menuju Pantai Bandengan-Jalan Tirto Samudro-ke arah Stadion Gelora Bumi Kartini-Jl. Patimura dan finis di Alun-Alun Jepara.

Pada Sabtu sore, akan dilangsungkan Dekranasda Carnival dengan rute Pendapa Wakil Bupati-Jl. Kartini-panggung kehormatan depan Kantor Bupati-SCJ-Jl. Kartini-finis di Pendapa Wakil Bupati. Selanjutnya digelar Festival Makanan Tradisional Kupat Lepet/Jajan Pesisir di alun-alun, dan Bumi Kartini Night Run dengan start dari Stadion Gelora Bumi Kartini dan berakhir di alun-alun.

“Pejabat Pemprov Jateng, Pemkab Jepara, dan tokoh masyarakat juga turut ambil bagian dalam pementasan Ketoprak Kontemporer dengan bintang tamu Gubernur Ganjar Pranowo, Pangdam IV/ Diponegoro, dan Kapolda Jateng. Lakon yang diusung Banjaran Haryo Penangsang,” kata Dadang.

Pada Minggu (27/8/2017) akan dibuka dengan senam pagi dan jalan sehat, Festival Jepara Thong-tek, lomba menggambar dan mewarnai untuk siswa TK-SD, serta pentas band Shaggy Dog. “Malam harinya dilangsungkan penutupan Pesta Rakyat yang ditandai dengan peluncuran kembang api,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya