SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (tengah) saat menghadiri pembukaan Pesta Rakyat Jateng 2017 di Jepara, Jumat (25/8/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-jatengprov.go.id)

HUT ke-67 Jateng dimeriahkan dengan Pesta Rakyat di Jepara.

Semarangpos.com, JEPARA – Suara tabuhan 67 beduk mengiringi pembukaan Pesta Rakyat Jawa Tengah (Jateng) 2017 di Alun-Alun I Jepara, Jumat (25/8/2017). Pesta rakyat yang dibuka oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Jateng yang jatuh pada Selasa (15/8/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir laman Internet resmi Pemprov Jateng, Pesta Rakyat Jateng 2017 itu memang sengaja digelar di Jepara. Hal itu dilakukan supaya bisa merangsang pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah di Jateng, tidak hanya di Semarang yang merupakan ibu kota provinsi tersebut.

“Kalau kita bisa berkeliling harapan kita juga seluruh masyarakat tidak Semarang sentris tapi Jawa Tengah sentris. Kita bisa bagi-bagi dan masyarakat bisa menampilkan seluruh karyanya baik seni, budaya, kerajinan maupun potensi yang ada,” kata Ganjar dalam sambutannya saat membuka acara tersebut.

Dalam Pembukaan Pesta Rakyat itu juga diluncurkan Kartu Jateng Sejahtera (KJS) Bagi sekitar 10.632 orang Jateng yang belum terkaver bantuan apa pun dari pemerintah. KJS diberikan kepada warga miskin yang mempunyai penyakit kronis, lanjut usia dan membutuhkan perhatian khusus.

Dengan KJS itu, orang yang menerima akan mendapat bantuan Rp250.000 per bulan yang diberikan dua kali dalam setahun.

“Ada sekitar 13 ribu lebih sedikit warga Jawa Tengah yang butuh bantuan khusus karena belum terkaver bantuan apapun. Sehingga harapannya mereka yang membutuhkan ini secara konstitusional, mereka berhak mendapatkan jaminan itu. Pasal 34 UUD 1945 sudah sangat jelas menyebutkan dan ini kita wujudkan hari ini,” tutur Ganjar.

Selain KJS, dalam kesempatan itu juga diluncurkan Sadewa Market. Sistem tersebut untuk membantu UMKM Jawa Tengah lebih berdikari dan mandiri melalui e-commerce atau pemasaran online yang memudahkan pelaku industri bisa memiliki pangsa pasar lebih luas dan mudaj dalam melakukan transaksi.

Pada kesempatan yang sama juga diberikan bantuan perbaikan RTLH secara simbolis sebanyak 10 unit masing-masing Rp10 juta. Ada pula bantuan bedah rumah untuk tiga unit rumah masing-masing Rp40 juta.

Pesta Rakyat Jateng 2017 di Jepara itu digelar selama tiga hari dengan berbagai atraksi seni dan pameran produk-produk lokal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya