Hunian Warga di 4 RW Kelurahan Semanggi Solo Mulai Dirobohkan, Ada Apa Ya?

Seratusan hunian di lahan hak pakai (HP) empat wilayah RW Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, mulai dirobohkan, Minggu (19/9/2021).

 Petugas meratakan hunian dengan ekskavator di RW 002 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (19/9/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Petugas meratakan hunian dengan ekskavator di RW 002 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (19/9/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Seratusan hunian di empat wilayah RW yakni RW 002, RW 003, RW 004, dan RW 005 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mulai dirobohkan pada Minggu (19/09/2021).

Perobohan itu terkait rencana Pemkot Solo menata kawasan kumuh tersebut. Pemerintah akan membangun 136 rumah dan memberikan sertifikat tanah untuk warga yang selama menghuni kawasan itu.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu, di RW 002 Kelurahan Semanggi, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa datang meninjau ke lokasi. Teguh menyaksikan langsung kegiatan land clearing atau pembukaan lahan program peningkatan kualitas permukiman tersebut.

Baca Juga: Asale Sungai Bengawan Solo Mengalir dari Wonogiri ke Gresik

Ia ikut menghancurkan tembok hunian warga Semanggi, Solo, yang dirobohkan saat kegiatan seremonial itu. Kemudian seorang petugas mengendalikan satu ekskavator untuk meratakan satu bangunan.

Warga yang telah berkumpul mengabadikan satu hunian yang diratakan pagi kemarin. Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Solo, Gunawan AP, mengatakan RW 002, RW 003, RW 004, dan RW 005 msuk program Semanggi Harmoni bebas kumuh.

“Untuk percepatan pembangunan RW 002, RW 003, RW 004, dan RW 005 ini, kami mendapatkan dana dari Bank Dunia sebesar Rp36 miliar. Karena itu, pagi ini merupakan acara seremonial dan satu ke depan harus dikosongkan,” katanya.

Baca Juga: 33 Sekolah di Kota Solo Mulai PTM Pekan Depan, Ini Datanya

Lini Masa Proyek

Ia menjelaskan anggaran Rp36 miliar untuk membangun 136 hunian; sarana, prasarana, dan utilitas umum (PSU); dan fasilitas lainnya termasuk air bersih dan sanitasi. Pembangunan PSU akan dilakukan awal tahun depan.

Gunawan memerinci lini masa proyek penataan kawasan itu. Selama satu bulan ke depan warga diminta mengosongkan hunian. Kemudian proses perataan lahan, yakni bangunan hunian warga Semanggi, Solo, dirobohkan berlangsung sampai November 2021.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah akan melakukan lelang proyek pembangunan rumah warga pada Desember 2021 dan proses pembangunan PSU diharapkan mulai Januari 2022.

Baca Juga: Jurug Solo Zoo Sepi Pengunjung, Ternyata Ini Penyebabnya

Koordinator Kotaku Solo, Cornelius Tri Cahyo, menjelaskan lahan hak pakai (HP) yang ditempati warga tersebut merupakan milik pemerintah pusat dan sedang proses diminta oleh pemerintah kota (Pemkot Solo).

Pemkot Solo berkomitmen akan melepas hibah lahan itu kepada warga dengan memberikan sertifikat. “Lahan yang akan ditempati warga 39 meter persegi. Lahan untuk dirikan rumah 36 meter persegi,” jelasnya.

Teguh mengatakan pembangunan kawasan tersebut merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, Pemkot Solo, dan masyarakat. Program Kotaku bertujuan menciptakan kawasan yang bersih atau tidak kumuh.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.

Terungkap, Tuduhan Selingkuh Jadi Pemicu Perkelahian Maut Sahabat Karib

Dalam pengaruh miras, Trimo diduga menuding pelaku, yakni Soleman, yang juga mabuk, telah berselingkuh dengan istrinya. Keributan terjadi yang berujung pada pembacokan.

Ini Dia Juara Mas Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021

Zaki Adi Saputra dan Fransiska Ervin P.N terpilih sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021 yang diselenggarakan Pemkab Sukoharjo.

Korban Tak Lapor, Polres Klaten Tetap Selidiki Pembegalan di Ngawen

Meski sudah diminta, bakul karak yang jadi korban pembegalan di Ngawen, Klaten, enggan melapor ke polisi. Biar begitu, polisi tetap menyelidiki kasus tersebut.

Cerita Pak RW Antar Pembunuh Sahabat di Klaten, Naik Motor ke Polsek

Warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Soleman, 65, menyerahkan diri ke Polsek Jogonalan setelah membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, diantar Ketua RW.

Korsleting, Rumah Warga Senden Klaten Kebakaran

Musibah kebakaran melanda rumah warga di Kundenrejo RT 012/RW 005, Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten, Sabtu (23/10/2021) pagi.

BMKG Perkirakan Cuaca Buruk Landa Soloraya, Waspada Banjir & Longsor

BMKG memprediksi cuaca buruk landa Soloraya, warga diminta hindari kawasan rawan banjir dan longsor.

1 Meninggal Akibat Perkelahian 2 Sahabat, Pelaku Dikenal Jagoan Kampung

Soleman, 65, warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, yang tega membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, dikenal sebagai jagoan kampung.

Sempat Dicap Partai Sandal Jepit & Preman, Rudy: PDIP Sekarang Berubah

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengakui patainya sempat membuat warga takut dan dicap preman.