SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Begitu pentingnya sosok Humberto Suazo di Timnas Cile sangat jelas terlihat disepanjang kualifikasi Piala Dunia 2010. Dia menjadi alasan utama Cile terkualifikasi ke putaran final di Afrika Selatan.

Pemain berjuluk Lollipop karena kepalanya yang plontos tersebut menjadi mesin pendulang gol La Roja, julukan Cile, lewat donasi 10 golnya disepanjang kualifikasi. Kemoncerannya membobol jala lawan memang patut diacungi jempol.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Chupete, julukan lain Suazo, menjadi top skor di kualifikasi Zona Amerika Selatan, mengalahkan striker moncer seperti Luis Fabiano dari Brazil maupun Diego Forlan dari Uruguay.
Suazo juga merupakan satu-satunya pemain yang selalu dimainkan dalam 18 pertandingan di kualifikasi. Langkah Cile di Afrika Selatan sepertinya akan sangat bergantung pada performa sosok striker haus gol ini.

Bahkan saking pentingnya sosok Suazo di tim nasionalnya, publik Cile sempat dibuat panik karena cedera bahu kirinya ketika membela klubnya yang berlaga di Liga Primera Spanyol, Real Zaragoza, pada April lalu.

Media massa Cile terus memantau perkembangan kesembuhan Suazo di Spanyol, untuk memenuhi rasa ingin tahu publik Cile mengenai kondisi terkini pemain kunci mereka. Pada akhirnya, Chupete tak bisa membela Zaragoza di sisa musim.

Untungnya, dia bisa pulih untuk diturunkan di Afrika Selatan 2010. Namun masalah berat badan sempat membuat Suazo kurang percaya diri. Seperti yang dialami mantan pemain Timnas Brazil, Ronaldo, striker berusia 29 tahun ini juga sering dicemooh karena dinilai kelebihan berat badan.

“Kemana pun saya pergi, mereka selalu menyebut saya gendut, namun saya sudah terbiasa dengan hal itu,” ujar Suazo menjawab pertanyaan media Spanyol mengenai kondisi fisiknya.

Setelah itu, Suazo justru mencetak sejumlah gol penting bagi Zaragoza dan membantu klubnya terhindar dari degradasi. Kini, bersama tim nasionalnya di Afrika Selatan, Suazo memiliki kesempatan emas menyamai atau bahkan melewati torehan empat gol yang dibukukan Marcelo Salas di Piala Dunia 1998 dan Leonel Sanchez di Piala Dunia 1962.

Data diri
TTL : San Antonio, Cile, 10 Mei 1981
Tinggi : 171 cm
Posisi : Striker
Klub : Real Zaragoza
Caps : 41
Gol : 17

anh/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya