Hukum Salat Memakai Masker, Bolehkah?
Salat menggunakan masker (Okezone.com).

Solopos.com, SOLO -- Masyarakat bertanya-tanya mengenai hukum salat memakai masker, apakah sah atau tidak? Penggunaan masker memang saat ini diwajibkan saat di luar rumah. Hal tersebut dimaksudkan agar bisa memutus rantai penularan Covid-19 di masyarakat.

Mengenai hukum memakai masker saat salat, agama tidak melarang penggunaan berbagai atribut ketika salat. Beberapa atribut yang kerap digunakan, serban, selendang, peci, dan lain sebagainya.

Pejabat dan Warga Solo Tak Boleh Open House Saat Lebaran Nanti, Silaturahmi Via Video Call Saja

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), Islam.nu.or.id, Sabtu (16/5/2020), hukum memakai masker saat salat diperbolehkan dengan syarat benda tersebut dalam keadaan suci dan tidak menutupi hidung.

Pasalnya, ada penuturan para ahli fiqih bermahzab Syafi'i yang mengatakan saat sujud, bagian hidung harus dalam keadaan terbuka secara sempurna.

Live di Instagram dan Youtube, Dory Harsa Hingga Fisip Meraung Siap Manggung di Merindu Fest

Adanya penjelasan ahli fiqih tersebut, NU menyarankan dalam penggunaan masker saat salat atau prosesi sujud tidak sampai menutup bagian hidung.

"Simpulannya, sebaiknya penggunaan masker dihindari bila sampai menghalangi terbukanya hidung secara sempurna ketika sujud. Solusi agar tetap mendapat keutamaan adalah penggunaan masker tidak sampai menutupi bagian hidung. Atau saat prosesi sujud, bagian hidung dibuka," kata NU.

Pemakai Sabu-Sabu Ini Bertingkah Aneh dan Tak Bergerak Saat Ditangkap Di Solo, Ternyata...

Kata Buya Yahya

Pengasuh LPD Al-Bahjah Cirebon, Buya Yahya juga buka suara soal hukum memakai masker saat salat. Ia tidak mempermasalahkan umat muslim menggunakan masker saat salat.

Panitia Festival Musik FH Unisri Solo Dilaporkan Atas Dugaan Penggelapan Uang Rp353 Juta

Buya Yahya mengatakan bagian wajah yang menyentuh lantai adalah dahi bukan hidung atau mulut. Maka dari itu, masker masih bisa digunakan saat salat.

"Sah, enggak ada masalah dalam salat pakai masker. Yang sujud kan jidatnya," ungkapnya dalam video yang diunggah ke kanal Youtube Al-Bahjah TV, 26 Maret 2020 lalu.

Maksimalkan Layanan Kesehatan, Pemkab Sukoharjo Beli Mobil Ambulans Rp893,96 Juta


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho