Hukum Potong Rambut saat Haid Menurut Islam

Bagaimana hukum potong rambut saat haid?

 Ilustrasi potong rambut. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi potong rambut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagaimana sebenarnya hukum potong rambut saat haid menurut Islam? Ada pemahaman bahwa dilarang hukumnya bagi wanita yang sedang menstruasi memotong kuku dan rambut.

Alasannya adalah  karena wanita yang sedang dalam kondisi haid dianggap sedang tidak suci. Sehingga ketika memotong rambut, maka bagian yang terpisah itu akan menjadi tidak suci pula. Sehingga jika rambut dan kuku ini di buang maka akan bermasalah di hari kiamat kelak.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Sedangkan menstruasi merupakan sebuah kondisi biologis yang dialami perempuan yang telah memasuki masa baligh. Menstruasi adalah peristiwa dimana keluarnya darah segar dari lubang kewanitaan dalam siklus setiap satu bulan sekali. Adapun orang haid dan nifas hanya darahnya saja yang najis, bukan orangnya. Demikian pula bagi orang yang junub.

Baca Juga: Apakah Keluar Flek Cokelat saat Puasa Bisa Bikin Batal? Ini Hukumnya

Lalu bagaimanakah hukum potong rambut saat haid menurut Islam?  Dikutip dari lirboyo.net, Jumat (12/8/2022), salah satu hal makruh yang lebih baik ditinggalkan bagi wanita haid (datang bulan/menstruasi) atau seseorang yang memiliki kewajiban mandi besar (junub) adalah menghilangkan sebagian anggota tubuhnya sebelum melakukan mandi wajib, seperti kuku, rambut, dan semacamnya.

Syekh Nawawi al-Bantani menjelaskan dalam salah satu karyanya yang berjudul Nihayah Az-Zain dengan ungkapan berikut:  “Barang siapa yang wajib mandi maka agar tidak menghilangkan satu pun dari anggota badannya walau hanya berupa darah atau kuku sehingga mandi, karena semua anggota badan akan kembali kepadanya di akherat. Jika dia menghilangkannya sebelum mandi maka hadats besar akan kembali kepadanya sebagia teguran kepadanya.”

Baca Juga: Kenali Endometriosis, Penyebab Nyeri Hebat Saat Haid

Salah satu alasan kemakruhannya adalah karena kelak di akhirat anggota yang terpotong tersebut akan kembali kepadanya dalam keadaan junub (belum suci). Pendapat ini senada dengan apa yang dipaparkan oleh Al-Ghazali dalam karya monumentalnya, Ihya ‘Ulumuddin.

Namun ulama lain tidak sependapat perihal hukum potong rambut saat haid adalah dilarang. Salah satunya adalah Imam al-Bujairomi, ia menjelaskan bahwa anggota tubuh yang dikembalikan padanya di hari kiamat adalah anggota yang ada pada saat dia meninggal dunia, bukan yang telah terpotong sebelumnya.

Sebagaimana penjelasan beliau yang dikutip dalam kitab Hasyiyah As-Syarwani berikut: “Ungkapan Al-Bujairomi: Perlu dipertimbangkan dalam pendapat tersebut, karena anggota tubuh yang dikembalikan adalah adalah anggota yang ada pada saat dia meninggal dunia, bukan seluruh kuku yang dia potong selama hidupnyaya, begitu juga bukan seluruh rambutnya.”

Hukum potong rambut saat haid ini sering disamakan dengan orang yang berkurban. Hal ini berdasarkan salah satu hadis saat Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang berkurban dilarang untuk memotong rambut dan kuku, terhitung saat memasuki tanggal 1 Zulhijjah,” (HR Muslim).

Baca Juga: Ketahui Komplikasi Trombositopenia Seperti Diidap Remaja Asal Sragen

Sebenarnya, tidak ada riwayat yang melarang potong rambut saat haid.  Demikian pula, tidak terdapat riwayat yang memerintahkan agar rambut perempuan haid yang rontok untuk dicuci bersamaan saat mandi setelah haid.

Dalam sebuah hadis disebutkan, ketika Aisyah mengikuti haji bersama Nabi SAW, sesampainya di Mekkah beliau mengalami haid. Kemudian Nabi SAW bersabda: “Tinggalkan umrahmu, lepas ikatan rambutmu dan bersisirlah,” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari sini bisa disimpulkan bahwa Rasulullah SAW tidak melarang potong rambut saat haid. Rasul bahkan menyuruh Aisyah untuk menyisir rambut.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pakai Baju Bekas Biar Gaul

      Pemakaian baju bekas impor alias thrifting menjadi tren fesyen anak muda masa kini.

      Keistimewaan Angka 19 dalam Al-Qur’an yang Penuh Misteri

      Terdapat keistimewaan angka 19 dalam kitab suci umat Islam Al-Qur'an yang penuh misteri dan tak pernah disadari oleh umat muslim.

      Viral Jenazah di Kediri Digotong oleh Perangkat Desa, Ternyata Ini Alasannya

      Beredar video viral jenazah di Kediri, Jawa Timur, yang digotong oleh perangkat desa. Ternyata ini alasan sebenarnya yang terjadi.

      Terjadi di Colomadu Karanganyar, Ini Penyebab Hujan Es Menurut Ahli

      Terjadi di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah pada Jumat (23/9/2022), ini dia penyebab hujan es menurut ahli dari ITS Surabaya.

      Psikolog: Stres Dapat Sebabkan Anak Kena Gangguan Makan

      Stres bisa menjadi salah satu penyebab anak-anak termasuk usia sekolah mengalami gangguan makan.

      Mimpi Membagikan Uang Memiliki Banyak Arti Positif

      Berikut ini sejumlah arti mimpi membagikan uang.

      Kerap Tidak Disadari, Kenali Gejala Umum Kanker Payudara

      Ada beberapa faktor risiko yang memicu perempuan rentan sakit kanker payudara sehingga mengenali gejala sejak awal menjadi penting.

      Usia Pasien Serangan Jantung Indonesia Lebih Muda Dibandingkan Eropa

      Usia pasien serangan jantung di Indonesia jauh lebih muda dibandingkan usia pasien di Eropa, AS, dan Jepang.

      Hitung-Hitungan Biaya Lebih Irit Kompor Listrik atau Gas

      Jika memakai biaya sendiri, lebih irit kompor listrik atau gas ya?

      Marie Bonaparte, Perempuan Pertama Peneliti Orgasme Wanita

      Penelitian Marie membuka jalan untuk eksplorasi lebih lanjut tentang orgasme wanita.

      Punya Arti Baik, Berbahagialah Jika Mimpi Berada di Istana

      Berikut ini sejumlah arti mimpi berada di istana.

      Pakar Ungkap Pentingnya Orgasme pada Wanita

      Dokter spesialis kandungan dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS mengungkapkan pentingnya pria membuat wanita (pasangannya) orgasme saat berhubungan intim.

      Ketahui Jenis dan Gejala Hernia pada Anak

      Gejala yang muncul akan tergantung pada jenis dan lokasi munculnya hernia.

      Pencinta Micin, Ketahui Nih Efek Samping Mengonsumsi MSG Berlebihan

      Ketahui efek samping mengonsumsi MSG berlebihan.

      Tips Menghindari Copet di Pasar Malam Sekaten Solo

      Berikut ini terdapat sederet tips untuk menghindari jadi korban copet di acara Pasar Malam Sekaten Solo.

      Doa agar Ilmunya Bermanfaat yang Diajarkan Rasulullah SAW

      Berikut ini terdapat doa agar ilmunya bermanfaat dalam Islam sesuai ajaran Rasulullah SAW yang diungkap Nahdlatul Ulama, NU online.