SOLOPOS.COM - Ketahui tips agar tidak kalap saat berbuka puasa (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Bagaimana hukum seseorang yang melakukan ibadah puasa Ramadan tapi tidak pernah salat tarawih?

Sebagaimana diketahui, di bulan penuh rahmat ini, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti salat sunah terutama tarawih, membaca Al-Qur'an hingga bersedekah. Seperti yang tertuang dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim berikut ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Hukum Menggunakan Lipstik Saat Puasa, Bisa Bikin Batal?

"Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: 'Siapa saja yang sembayang malam Ramadan (tarawih) iman dan ikhlas, maka dosanya yang telah lalu diampuni," HR Bukhari dan Muslim.

Ekspedisi Mudik 2024

Lalu, bagaimana hukum seseorang yang rajin puasa di Ramadan tapi tidak salat tarawih?

Baca Juga:  Apa Hukumnya Memakai Tetes Mata Saat Puasa?

Sebagaimana bersumber dari artikel yang tayang di situs resmi Nahdlatul Ulama atau NU, orang yang tetap berpuasa tapi tidak tarawih tetap mendapatkan keistimewaan dari Allah SWT karena mengamalkan perintah puasa.

Seperti yang tertuang dalam hadis riwayat muslim di bawah ini. "Dari Jabir bin Abdullah RA bahwa seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Ya rasul, bagaimana pandanganmu bila aku hanya sembayang lima waktu, berpuasa Ramadan, menghalalkan yang halal, dan mengharamkan yang haram. Aku tidak menambahkan sesuatu selain itu. Apakah aku dapat masuk surga?’ ‘Ya, (bisa),’ jawab Rasulullah SAW," HR Muslim.

Baca Juga:  Apakah Kentut dalam Air Bisa Membatalkan Puasa?

Hukum Puasa Tapi Tidak Tarawih Menurut NU

Pengertian ‘mengharamkan yang haram’ adalah menjauhinya dan ‘menghalalkan yang halal’ adalah melakukannya sambil meyakini kehalalannya.

Dalam hadis tersebut dijelaskan hukum umat muslim yang puasa dan tidak tarawih diperbolehkan meski orang yang bersangkutan akan kehilangan banyak hal, terutama pahala dari Allah SWT.

Baca Juga:  Potong Rambut Saat Puasa Bikin Batal Enggak Ya?

Meskipun begitu, Nahdlatul Ulama menyarankan salat tarawih saat Ramadan untuk tetap dijalankan. Dengan catatan umat muslim tersebut tidak memiliki kesibukan apapun.

Tak hanya tarawih, umat muslim harus berlomba-lomba untuk membaca Al-Qur'an, menambah ilmu agama, memperbanyak sedekah, membantu orang lain selama bulan suci Ramadan.

Baca Juga: Apakah Mencukur Bulu Kemaluan Dapat Membatalkan Puasa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya