SOLOPOS.COM - Ilustrasi mandi junub. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah kalangan masyarakat masih bertanya -tanya, bolehkah mandi junub setelah imsak atau subuh saat Ramadan dan tidak membatalkan puasa? Pertanyaan itu selalu menghantui sejumlah orang saat dalam keadaan junub dan ingin melanjutkan ibadah puasa.

Sebagian lagi takut puasanya tidak sah karena dalam keadaan junub hingga setelah fajar terbit. Sebagian lainnya dalam keadaan junub karena tertidur dan lupa tidak mandi junub sebelum fajar menyingsing.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Tak sedikit yang menganggap keadaan junub hingga pagi hari membuat mereka tak diperbolehkan puasa. Sehingga, mereka membatalkan puasa di hari tersebut dan menggantinya pada hari di luar Ramadan.

Baca Juga: Hukum Onani dan Masturbasi saat Puasa

Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), Nu.or.id, Kamis (31/3/2022), dalam hadis riwayat Imam Muslim, dijelaskan keadaan junub hingga fajar atau setelah imsak sebenarnya boleh untuk melanjutkan puasa.

Hadis itu menyebutkan istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah RA, pernah menyaksikan Rasulullah dalam kondisi junub di pagi hari lalu mandi untuk melanjutkan puasa.

“Nabi Muhammad SAW pernah berpagi hari dalam kondisi junub karena jimak, kemudian beliau mandi, dan terus berpuasa,” begitu bunyi hadisnya.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Imsakiyah Kota Solo untuk Ramadan 2022

Namun, hadis tersebut bukan merupakan pembenaran bagi orang yang dengan sengaja menunda mandi junub sampai setelah imsak bukan karena alasan yang mendesak. Pasalnya, dalam melaksanakan kebaikan, sebaiknya seseorang sudah dalam keadaan bersih.

Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki menjelaskan orang yang berhadas besar boleh menunda mandi junub hingga pagi hari. Tetapi yang lebih utama adalah ia menyegerakan mandi wajib sebelum terbit fajar atau sebelum Subuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya