Hukum Jual Beli Kulit dan Kepala Hewan Kurban

Sebagian masyarakat muslim di Indonesia belakangan ini sering menjual kulit dan kepala hewan kurban dengan berbagai alasan. Nah, tentang Islam kali ini membahas tentang hukum jual beli kulit serta kepala hewan kurban.

Hukum Jual Beli Kulit dan Kepala Hewan Kurban

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi untuk kurban (Antarafoto-Muhammad Adimaja)

Solopos.com, SOLO – Sebagian masyarakat muslim di Indonesia belakangan ini sering menjual kulit dan kepala hewan kurban dengan berbagai alasan. Ada yang karena jumlah hewan kurban terlalu banyak sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengurus kulit dan kepala hewan tersebut.

Ada juga yang menjual kepala serta kulit hewan kurban untuk menghemat biaya operasional. Selain itu, uang hasil penjualan kulit serta kepala hewan kurban itu bisa dipakai untuk keperluan lain, seperti membayar tukang jagal.

Dikutip dari situs Nu.or.id, Sabtu (10/8/2019), Imam Nawawi menjelaskan dalam berbagai teks mazhab Syafi’i disebut  tidak boleh menjual daging, kulit, tanduk, hingga rambut hewan kurban. Begitu juga menjadikan kulit sebagai upah untuk tukang jagal. Tetapi, orang yang berkurban boleh mengambil kulit hewan kurban untuk dimanfaatkan.

Jika tidak ada yang mau mengolah dan mengonsumsi kulit hewan kurban bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Seperti dibuat bedug atau kreasi lainnya. Dengan catatan hewan kurban itu bukan termasuk kategori nazar. Jika kurban nazar, kulitnya harus disedekahkan kepada orang lain.

Menjual kulit dan kepala hewan kurban bisa jadi membuat ibadah yang dilakukan tidak sah. Artinya, hewan yang disembelih pada Hari Raya Iduladha hanya menjadi sembelihan biasa, bukan termasuk kurban seperti dalam syariat Islam. Hal itu sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

Barang siapa menjual kulit hewan kurban, maka tidak ada kurban bagi dirinya. Artinya, dia tidak mendapatkan pahala yang dijanjikan kepada orang yang berkuban atas pengorbanannya,” hadis riwayat Hakim.

Jika sudah terlanjur, jual beli kulit hewan kurban harus dibatalkan. Apabila pembeli adalah orang yang tidak berhak menerima kurban, dia harus mengembalikan yang dibelinya. Tetapi, jika yang membeli adalah orang yang berhak menerima kurban, uangnya harus dikembalikan oleh penjual. Sementara kulit yang diterima merupakan bagian dari sedekah.

Berita Terkait

Berita Terkini

PKL Solo Baru Sukoharjo Menjerit: Jalan Jangan Ditutup, Lampu Jangan Dimatikan!

Para PKL di kawasan Solo Baru Sukoharjo meminta pemerintah melonggarkan kebijakan penyekatan ruas jalan dan pemutusan aliran listrik lampu penerangan jalan.

Jokpro 2024 Terus Gerilya Jokowi Tiga Periode

Hasil survei SMRC pada Mei 2021 menyebut, 52,9 persen responden masih menginginkan Presiden Jokowi kembali menjabat.

Sosialisasi 4 Pilar, Aria Bima Upayakan Penyapu Jalan di Solo Divaksinasi

Aria Bima akan mengupayakan agar para penyapu jalan dan keluarganya di Solo segera mendapat vaksin Covid-19.

Alhamdulillaah, Indonesia Bakal Punya Hotel di Arab Saudi

Investasi berbentuk kepemilikan fasilitas akomodasi dan hotel di Arab Saudi untuk jemaah haji dan umrah Indonesia.

Solo PPKM Level 4, Bhayangkara FC Belum Putuskan Latihan

Para pemain belum akan dikumpulkan dalam waktu dekat menyusul aturan PPKM di Kota Solo.

Kisah Petani Cawas, Rela Tak Ke Sawah Demi Vaksinasi di Polres Klaten

Seorang petani asal Pakisan, Kecamatan Cawas, rela meninggalkan sawahnya demi mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar di Mapolres Klaten.

FKSPN Karanganyar Kembali Mediasi Pekerja dengan Perusahaan

Dari dua permasalahan yang diadukan sejak 2020 tersebut, muncul kesepakatan bersama terkait nominal pesangon yang diterima pengadu.

Mengecat Pesawat Terbang Tak Semudah Mengecat Gapura Buat Tujuhbelasan

Pengecatan adalah bagian dari proses perawatan karena selama beroperasi, pesawat akan terpapar suhu ekstrem, sangat dingin atau sangat panas.

Jadi Tersangka Aksi Bikini, Dinar Candy Dikenai Wajib Lapor

Dinar Candy terancam hukuman 10 tahun penjara.

Viral Polisi Bantu Pedagang Tua Jualan Koran di Gemblegan Solo, Netizen Terenyuh

Aksi polisi yang membantu pedagang berjualan koran di Solo terekam video viral di media sosial dan menuai pujian netizen.

Warga Terpapar Covid-19 di Wonogiri Ditempatkan di Isolasi Terpusat

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri sudah membuat satu tempat isolasi terpusat, yakni di Gedung PGRI Kecamatan Wonogiri.

Baliho AHY Disoal, Demokrat Sebut Dulu untuk Melawan Moeldoko

Baliho dipasang sejak lama bukan untuk kepentingan Pilpres melainkan digunakan melawan KSP Moeldoko yang sempat melakukan kudeta.