Hukum Cat Rambut Hitam dalam Islam, Boleh atau Tidak?

Namun, bagaimana sebenarnya hukum menyemir rambut pakai cat warna hitam dalam Islam?

 Ilustrasi mewarnai rambut. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mewarnai rambut. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Salah satu cara mengatasi rambut beruban adalah dengan menyemir rambut pakai cat hitam, tapi bagaimana hukumnya dalam Islam ya? Mereka menyemir mahkota kepala mereka dengan tujuan untuk mengatasi perubahan warna ketika sudah memasuki usia lanjut.

Hal ini dilakukan lantaran tak sedikit orang merasa tak percaya diri saat uban mulai bersemi.Terlebih jika uban itu muncul saat usia masih muda usia, tentu bikin rasa percaya diri semakin berkurang.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Namun, bagaimana sebenarnya hukum menyemir rambut pakai cat warna hitam dalam Islam?  Melansir nu.or.id, Selasa (9/8/2022), Ustaz Sunnatullah, Pengajar di Pondok Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop, Bangkalan, Jawa Timur, mengatakan ada dua hal pokok yang perlu diketahui perihal warna semir.

Baca Juga: Mengulas Hukum Islam tentang Menyemir Rambut yang Kerap Diperdebatkan

Dalam hal ini, para ulama membedakan hukum menyemir rambut dengan warna hitam dan warna lainnya. Syekh Musthafa al-Khin, Musthafa al-Bugha, dan Ali asy-Syarbaji dalam kitabnya mengatakan, bahwa haram bagi laki-laki dan wanita untuk menyemir rambutnya menggunakan warna hitam, dan sunnah menggunakan warna yang lain, seperti kuning, merah, dan lainnya.

“Diharamkan menyemir rambut dan jenggot dengan [semir] hitam bagi laki-laki dan perempuan. Dan, sunnah menyemir rambut dengan selain warna hitam bagi laki-laki dan perempuan, seperti warna kuning, atau warna merekah.” (Musthafa al-Khin, dkk, Fiqhu al-Manhaji ‘ala Mazhabil Imam asy-Syafi’i, [Damaskus, Darul Qalam: 1992], juz III, halaman 99).

Baca Juga: Geger Rambut Ganjar Pranowo Jadi Hitam, Sampai-sampai Dikomentari Artis

Hukum mewarnai rambut dengan cat warna hitam menurut Islam dilarang. Sebaliknya justru dianjurkan menggunakan warna lain sebagaimana penjelasan di atas, berdasarkan salah satu hadits Rasulullah setelah peristiwa Fathu Makkah.

Saat itu, ia menyuruh sahabat Abu Quhafah untuk merubah warna rambutnya dengan selain warna hitam. Dalam sebuah hadits disebutkan:

“Suatu hari ketika Fathu Makkah, Abu Quhafah dipanggil oleh Rasulullah. Saat itu, rambut kepala dan jenggotnya berwarna putih seperti merpati. Kemudian Rasulullah bersabda: ‘Ubahlah warna ubanmu ini, namun jangan gunakan warna hitam.” (HR Jabir).

Selain itu, ada beberapa sahabat dan kalangan tabi’in yang menilai bahwa tidak mewarnai rambut lebih baik, pendapat ini diprakarsai oleh Imam al-Qadhi. Karena menurutnya, sekalipun terdapat hadits yang menganjurkan kepada Abu Quhafah untuk mewarnai rambut, Rasulullah sendiri tidak mewarnai rambutnya.

Baca Juga: Sebelum Mewarnai Rambut, Ketahui Hukum Cat Rambut dalam Islam

Oleh karena itu, ia mengatakan: “Tidak mewarnai rambut lebih baik.” Namun demikian, ada juga sahabat dan kalangan tabi’in yang menilai bahwa mewarnai rambut lebih baik, bahkan beberapa figure saat itu memilih mewarnai rambut karena adanya hadits di atas, di antaranya adalah Umar bin Khattab, Abu Hurairah, Uqbah bin Amir, Ibnu Sirin, Abu Bardah, dan beberapa figure lainnya. (Imam Nawawi, Syarhun Nawawi ‘alal Muslim, [Beirut, Darul Ihya’: 1392], juz 14, halaman 80).

Jika ditanya, “Lebih baik ikut yang mana? Dan bagaimana pengaplikasian hukum yang tepat dalam konteks saat ini?”

Pendapat dan komentar para ulama di atas pada hakikatnya sama-sama dalam konteks ijtihad dalam menyimpulkan hukum dari hadis perihal mewarnai rambut tersebut.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Polisi dan TNI Viral di Twitter

      Anak korban tragedi Kanjuruhan dan korban tendangan TNI viral di Twitter setelah ditawari menjadi polisi hingga anggota TNI.

      Arti Mimpi Vampir yang Harus Kalian Waspadai

      Ada sejumlah arti mimpi terkait vampir.

      Obat Kuat yang Aman Dikonsumsi, Sebaiknya Konsultasi ke Dokter

      Untuk mengetahui obat kuat yang aman dikonsumsi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

      Kenali Gejala Infeksi Paru-Paru seperti Diidap Chris Martin

      Gejala infeksi paru-paru bisa berbeda pada setiap orang, tergantung penyebab, usia, hingga riwayat kesehatan penderitanya.

      Hukum Minum Obat Kuat dalam Islam Ternyata Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya!

      Ternyata minum obat kuat dalam Islam diperbolehkan, tetapi ada syarat dan ketentuannya menurut Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Ora Lanang Ora Wedok, Mengenal Frasa Gender Netral

      Gender netral alias non-binary alias non biner istilah yang dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya secara eksklusif sebagai laki-laki atau perempuan alias ora lanang dan ora wedok. 

      Foto Profil Instagram Gibran Bikin Heboh Lagi, Netizen: Ada Masalah Apa to Mas

      Foto profil di akun Instagram resmi Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan dengan menampilkan background Upin & Ipin.

      Kumpulan Kata-kata untuk Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

      Berikut ini terdapat kumpulan kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022.

      Bahaya Obat Kuat Tradisional Ilegal, Bisa Sebabkan Kematian

      Kemudahan akses membeli barang melalui online juga berimbas pada pembelian obat tradisional termasuk penjualan produk obat di bawah standar BPOM.

      Arti Mimpi Melihat Alien Tak Seburuk yang Dibayangkan

      Berikut ini sejumlah arti melihat alien.

      Simak Nih Beda Hotel Melati dan Berbintang

      Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang.

      Waspadai Efek Samping Obat Kuat

      Meski dapat membantu menggairahkan kehidupan seksual pasutri, mengonsumsi obat kuat pria memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai.

      Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

      Demi kepentingan pariwisata, Jepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. 

      Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

      Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.

      Ketahui Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

      Ada sejumlah makanan pantangan ibu hamil.