SOLOPOS.COM - Ilustrasi umrah di Masjidil Haram (haji.kemenag.id)

Solopos.com, SOLO — Ada beberapa orang tua yang mengajak anaknya yang masih kecil dan belum balig untuk berangkat haji atau umrah, kira-kira bagaimana sih hukumnya dalam Islam?

Tak hanya orang dewasa, kini anak kecil juga mudah untuk melakukan ibadah haji bersama orang tuanya. Apalagi bagi orang tua yang berada di negara Timur Tengah, sangat mudah mengajak putra-putrinya untuk beribadah haji.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Tentu anak kecil berangkat haji banyak mendapatkan tanggapan beragam dan bikin umat muslim penasaran.

Salah satunya tentang hukum anak kecil berangkat haji, meski mereka belum balig, apakah tetap diperbolehkan?

Mengutip keterangan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online, seorang anak kecil bisa sajak melaksanakan haji karena tidak ada hadis yang melarangnya.

“Dari Nabi SAW bahwa beliau bertemu dengan suatu rombongan di Rauha’, lalu beliau bertanya: Kelompok siapa? mereka menjawab: Orang-orang muslim. Mereka bertanya: Siapa kamu?, Utusan Allah, jawab Nabi saw. Seorang perempuan (di antara mereka) mengangkat anak kecil (menunjukkan) kepada Nabi saw. Lalu ia bertanya: Apakah (anak kecil) ini juga melaksanakan haji?’ Nabi Saw menjawab: Iya, dan kamu pun mendapatkan pahala.” (HR. Muslim).

Dalam kondisi belum balig, anak kecil yang berangkat haji hukumnya tidak menggugurkan rukun Islamnya yang ke-5. Namun, dia tetap memperoleh pahala sebagai ibadah sunah dan wajib berhaji kembali setelah balig.

“Imam Nawawi berkata: Dalam hadis ini terdapat hujjah bagi Imam Syafi’i, Malik, Ahmad dan jumhur (mayoritas) ulama bahwa haji anak kecil sah dan mendapat pahala, meskipun tidak mencukupinya dari haji (rukun) Islam, namun jatuhnya adalah sunah,” bunyi penjelasan kitab Tuhfat al-Ahwadzi bi Syarh at-Tirmidzi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya