Hukum Belanjakan Angpau Lebaran Anak

Saat Lebaran, anak-anak biasanya akan mendapatkan banyak uang dari orang yang lebih tua. Nah, bolehkah orang tua membelanjakan angpau lebaran anaknya?

Hukum Belanjakan Angpau Lebaran Anak

SOLOPOS.COM - Ilustrasi amplop angpau Lebaran (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Saat Lebaran, anak-anak biasanya akan mendapatkan banyak uang dari orang yang lebih tua. Nah, bagi anak-anak yang masih kecil dan belum mengerti, uang tersebut biasanya bakal disimpan oleh orang tua mereka.

Tak jarang, uang yang didapat anak-anak saat Lebaran bakal dipakai oleh orang tua masing-masing. Pertanyaannya, bolehkah orang tua memakai uang tersebut tanpa izin dari si anak? Dikutip dari situs Nu.or.id, Sabtu (22/6/2019), membagikan uang kepada anak-anak di Hari Raya Idulfitri dianggap sebagai transaksi pengalihan status kepemilikan tanpa imbalan.

Dalam hadisnya, Imam Nawawi menjelaskan, pengalihan status kepemilikan tanpa imbalan adalah hibah. “Jika seseorang mengalihkan kepemilikan kepada orang yang membutuhkan, maka disebut sedekah. Tetapi, jika dia memindahkannya ke lokasi yang dihibahkan sebagai bentuk penghargaan, maka praktik itu disebut hadiah.”

Lalu, bagaimana dengan status kepemilikan uang yang diberikan kepada anak di Hari Raya Idulfitri? Para ulama berbeda pendapat terkait hal tersebut. Sebagian ulama sepakat hak kepemilikan aset anak dipegang oleh orang tuanya.

Tetapi, sebagian ulama lainnya berpendapat uang tersebut menjadi hak milik anak. Kedudukan orang tua hanya sebagai wali dengan hak dan kewajiban yang melekat. Lantas, bolehkah orang tua memakai uang tersebut?

Ketika anak menerima hadiah berisi uang di Hari Raya Idulfitri, maka orang tua wajib menjaga dan melindunginya. Secara umum, orang tua hanya boleh memakai uang tersebut untuk kepentingan si anak. Orang tua tidak boleh memakai uang itu untuk kepentingan sendiri atau transaksi lain yang merugikan si anak.

Orang tua tidak boleh memakai uang si anak untuk berdonasi. Sebab, transaksi tersebut tidak memberikan manfaat kepada si anak. Perlu diingat, orang tua hanya punya hak sebagai wali, bukan memiliki uang tersebut.

Jadi, orang tua harus berhati-hati dalam mengelola uang Lebaran si anak. Belanjakan uang tersebut untuk kepentingan si anak. Bukan malah dimanfaatkan untuk memenuhi kepentingan pribadi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Operasi Yustisi di Boyolali, Warga Tak Pakai Masker Langsung Dites Antigen

Petugas juga memberikan imbauan terhadap warga masyarakat agar tidak berkerumun untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Grojogan Gulingan Grobogan, Pertapaan yang Berubah Jadi Objek Wisata

Konon Air  Terjun Gulingan  pernah dipakai sebagai tempat pertapaan oleh beberapa tokoh yang berasal dari luar wilayah Grobogan.

KRL Jogja-Solo Masih Tetap Beroperasi selama Larangan Mudik

PT KAI Commuter memastikan KRL Jogja-Solo dan KA Prameks relasi Jogja-Kutoarjo tetap beroperasi selama masa larangan mudik.

Lafal Asmaul Husna Percantik Pusat Kota Blora

Pemerintah Kabupaten Blora mempercantik seputar bundaran atau Alun-Alun dengan tiang lampu dan pernik religius lafal Asmaul Husna.

Kisah Arbain Nugroho, ASN Gunung Kidul Setia Jadi Personel Linmas di Solo

Arbain merupakan anggota Linmas Banyuanyar yang sehari-hari juga merupakan pengajar di SD Prebutan, Semin, Gunung Kidul, DIY.

Semen Gresik Gelar Kick-Off Meeting Sistem Manajemen Anti Suap

PT Semen Gresik (SG) menggelar kick-off meeting dalam rangka penerapan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Profil Lengkap Raditya Oloan: Dulu Pemakai Narkoba Kini Jadi Pendeta

Inilah profil lengkap dari Raditya Oloan, influencer dan juga pendeta, yang baru saja meninggal dunia setelah negatif Covid-19.

Heboh Isu Bumi Datar dalam Soal Siswa SD, Begini Jawaban Dinas Pendidikan Cimahi

Disdik Cimahi menyebut pemasangan gambar ilustrasi bumi datar tidak dimaksudkan untuk menyebarkan pemahaman bumi datar. Namun sekadar kesalahan dalam pemilihan gambar ilustrasi oleh guru.

Gakin di Magelang Jadi Sasaran Operasi Pasar Murah

Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Magelang, menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelajar yang Meninggal di Kudus Diduga Korban Pembunuhan

Polres Kudus menangani kasus meninggalnya Hanifah Khoiron Nisa, pelajar kelas XI Madrasah Aliyah asal Kecamatan Kaliwungu, yang diduga kuat karena korban pembunuhan.

Ikatan Cinta 7 Mei 2021: Ada Kabar Ricky Meninggal, Elsa Bahagia

Ini dia sinopsis singkat sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 7 Mei 2021 yang menceritakan tentang Ricky yang dikabarkan meninggal.

800-an Calhaj Karanganyar Diusulkan Dapat Vaksin Covid-19 Dosis I

Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan 790 vial atau setara 7.900 dosis vaksin Covid-19 pada Selasa (4/5/2021).