Hujan Seharian, Permukiman Warga Pekalongan Tergenang Banjir Rob

Hujan seharian yang melanda Pekalongan membuat sejumlah rumah warga tergenang banjir rob.

Senin, 15 November 2021 - 21:38 WIB Editor: Imam Yuda Saputra | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Aparat TNI tengah melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir rob di Pekalongan, Senin (15/11/2021). (Istimewa/Solopos.com)

Solopos.com, PEKALONGAN — Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang mengguyur sejak Senin (15/11/2021) pagi hingga siang membuat sejumlah daerah di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), dilanda banjir rob.

Informasi yang diterima Solopos.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, air pasang atau rob itu melanda sejumlah kelurahan dengan ketinggian yang bervariasi. Beberapa kelurahan itu antara lain Kelurahan Degayu dengan ketinggian sekitar 30-60 cm, Kelurahan Krapyak, Kelurahan Panjang Wetan, dan Kelurahan Sampangan.

Banjir rob yang melanda sejumlah daerah di Kota Pekalongan ini pun membuat belasan warga harus mengungsi karena tempat tinggalnya tergenang air. Total ada sekitar 15 warga yang diungsikan, dengan perincian delapan orang dewas, tiga warga lanjut usia, tiga anak-anak, dan satu bayi di bawah lima tahun atau balita.

Baca juga: Tanggap Darurat Rob Pekalongan sampai 17 Juni

“Total pengungsi ada 15 orang yang saat ini menempati Aula Kelurahan Degayu,” tulis keterangan resmi dari BPBD Kota Pekalongan, Senin malam.

Informasinya hujan yang melanda Kota Pekalongan hingga menyebabkan banjir rob itu terjadi sejak Senin pagi, sekitar pukul 07.30 WIB. Hujan itu pun membuat air pasang di pesisir pantai utara Jawa naik dalam beberapa hari terakhir, khususnya pagi.

Air laut yang asang juga membuat Sungai Gabusan dan area tambak meluap dan menggenangi permukiman warga, terutama di wilayah Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara.

Baca juga: Truk Emoh Lewat Tol, Banjir Pekalongan-Batang Ganggu Angkutan Logistik

Tim SAR gabungan mengevakuasi warga yang terdampak banjir rob di Kota Pekalongan, Senin (15/11/2021). (Istimewa)

Sekitar pukul 12.00 WIB, air sungai yang sudah tidak mampu tertampung meluap ke permukiman warga dengan ketinggian sekitar 30-60 cm. Selain itu genangan rob juga melanda sebagian wilayah Kelurahan Krapyak, Sugihwaras Kelurahan Sampangan, Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Bugisan dan Kelurahan Pasir Kraton Kramat dengan ketinggian bervariasi mulai 20-40 cm.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif