Kategori: Haji

Hujan, pemberangkatan Calhaj Sragen terlambat seperempat jam


Solopos.com/

Boyolali (Solopos.com) - Hujan deras yang mengguyur Solo dan sekitarnya, Minggu (23/10/2011) sore, menyebabkan pemberangkatan calon jemaah haji (Calhaj) asal Sragen yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 69 Embarkasi Solo mengalami keterlambatan sekitar seperempat jam dari jadwal yang sudah ditentukan.

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)
Staf Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Zainal Abidin mengungkapkan, Calhaj dari Kloter 69 sedianya diterbangkan ke Tanah Suci, pukul 16.00 WIB. Namun hujan deras yang terjadi sore kemarin, membuat proses evakuasi Calhaj dari bus menuju pesawat sedikit terganggu.

“Jika cuaca cerah, maka Calhaj yang keluar dari bus masuk ke pesawat bisa dari pintu depan dan belakang bus. Tapi karena hujan, akhirnya pintu bus hanya dibuka satu saja,” terang Zainal saat dijumpai Espos di Asrama Haji Donohudan, Boyolali beberapa saat setelah keberangkatan Calhaj Kloter 69.

Dia melanjutkan, hujan juga mengakibatkan runway atau lintasan pesawat sedikit tergenang air. Maka dari itu, pesawat GA 6241 yang ditumpangi Calhaj Kloter 69 baru bisa diberangkatkan sekitar pukul 16.16 WIB. “Namun, keterlambatan ini tidak menjadi masalah. Karena waktu keterlambatan juga tidak sampai berjam-jam. Alhamdulillah, tadi take off-nya berjalan lancar,” ujar Zainal.

Di sisi lain, sambung Zainal, menjelang masuk ke pesawat, sebagian besar Calhaj asal Gelombang II ini telah menggunakan pakaian ihram. Padahal, sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), ihram bisa dimulai ketika para calon jemaah berada di King Abdul Aziz International Airport.

“Namun mereka merasa lebih mantap kalau pakai pakaian ihram sejak akan masuk pesawat. Padahal, banyak risikonya, mereka bisa kedinginan dan pakaian ihram bisa jadi terkena najis ketika mereka akan buang air,” lanjutnya.
Pihak PPIH Embarkasi Solo juga mengimbau kepada Calhaj agar mereka menggunakan masker selama berada di Arab Saudi. Pasalnya, cuaca di Tanah Suci cukup panas namun suhu udaranya sangat lembab. Debu-debu yang berterbangan sangat banyak namun tidak bisa terlihat dengan jelas karena tingginya kelembaban suhu udara di sana.

hkt

Jadwal pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Solo, Senin (24/10/2011):

Kloter 70 Kab Sragen dan Kab Sukoharjo 10.00 WIB
Kloter 71 Kab Sukoharjo 12.00 WIB
Kloter 72 Kab Sukoharjo dan Kab Wonogiri 19.15 WIB
Sumber: PPIH Embarkasi Solo.hkt

Share
Dipublikasikan oleh
R. Bambang Aris Sasangka