Tutup Iklan

Hujan, pemberangkatan Calhaj Sragen terlambat seperempat jam

Hujan, pemberangkatan Calhaj Sragen terlambat seperempat jam

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Boyolali (Solopos.com) - Hujan deras yang mengguyur Solo dan sekitarnya, Minggu (23/10/2011) sore, menyebabkan pemberangkatan calon jemaah haji (Calhaj) asal Sragen yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 69 Embarkasi Solo mengalami keterlambatan sekitar seperempat jam dari jadwal yang sudah ditentukan.

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)
Staf Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Zainal Abidin mengungkapkan, Calhaj dari Kloter 69 sedianya diterbangkan ke Tanah Suci, pukul 16.00 WIB. Namun hujan deras yang terjadi sore kemarin, membuat proses evakuasi Calhaj dari bus menuju pesawat sedikit terganggu.

“Jika cuaca cerah, maka Calhaj yang keluar dari bus masuk ke pesawat bisa dari pintu depan dan belakang bus. Tapi karena hujan, akhirnya pintu bus hanya dibuka satu saja,” terang Zainal saat dijumpai Espos di Asrama Haji Donohudan, Boyolali beberapa saat setelah keberangkatan Calhaj Kloter 69.

Dia melanjutkan, hujan juga mengakibatkan runway atau lintasan pesawat sedikit tergenang air. Maka dari itu, pesawat GA 6241 yang ditumpangi Calhaj Kloter 69 baru bisa diberangkatkan sekitar pukul 16.16 WIB. “Namun, keterlambatan ini tidak menjadi masalah. Karena waktu keterlambatan juga tidak sampai berjam-jam. Alhamdulillah, tadi take off-nya berjalan lancar,” ujar Zainal.

Di sisi lain, sambung Zainal, menjelang masuk ke pesawat, sebagian besar Calhaj asal Gelombang II ini telah menggunakan pakaian ihram. Padahal, sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), ihram bisa dimulai ketika para calon jemaah berada di King Abdul Aziz International Airport.

“Namun mereka merasa lebih mantap kalau pakai pakaian ihram sejak akan masuk pesawat. Padahal, banyak risikonya, mereka bisa kedinginan dan pakaian ihram bisa jadi terkena najis ketika mereka akan buang air,” lanjutnya.
Pihak PPIH Embarkasi Solo juga mengimbau kepada Calhaj agar mereka menggunakan masker selama berada di Arab Saudi. Pasalnya, cuaca di Tanah Suci cukup panas namun suhu udaranya sangat lembab. Debu-debu yang berterbangan sangat banyak namun tidak bisa terlihat dengan jelas karena tingginya kelembaban suhu udara di sana.

hkt

Jadwal pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Solo, Senin (24/10/2011):

Kloter 70 Kab Sragen dan Kab Sukoharjo 10.00 WIB
Kloter 71 Kab Sukoharjo 12.00 WIB
Kloter 72 Kab Sukoharjo dan Kab Wonogiri 19.15 WIB
Sumber: PPIH Embarkasi Solo.hkt

Berita Terkait

Berita Terkini

Cerita Patung Dewi Buddha di Jepang Dipakaikan Masker, Ini Harapannya

Pemasangan masker di bagian wajah Patung Dewi Buddha di kawasan Fukushima, Jepang tersebut membutuhkan waktu tiga jam oleh empat pekerja.

Verstappen Rebut Pole Position F1 GP Prancis

Pembalap tim Formula One Red Bull Max Verstappen merebut pole position Grand Prix Prancis di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet.

Layanan Kartu Kuning Gratis, Begini Syarat Pembuatannya

Permintaan pembuatan kartu pencari kerja atau kartu kuning saat ini dilaporkan meningkat di berbagai daerah menjelang pendaftaran ASN.

Kompetisi Kian Dekat, Format Liga 2 Belum Jelas

PT LIB melalui Direktur Oprasional, Sudjarno, masih membuka diri dari segala masukan klub-klub peserta Liga 2.

26 Orang di Alun-Alun Karanganyar Terjaring Tes Swab Antigen Acak

Operasi yustisi dan tes swab antigen secara acak di alun-alun dipimpin Kapolsek Karanganyar, Iptu Nawangsih Retno Waruju.

Pemilik 5 Zodiak Ini Biasanya Populer

Apakah Anda orang yang ingin populer? Tahukan Anda, astrologi menengarai pemilik tanda zodiak yang biasanya populer?

Sudah 22,8 Juta Warga Vaksin Covid-19

Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan total orang yang telah divaksinasi virus corona penangkal Covid-19 adalah 22.873.342 orang.

Cerpen 180 Derajat

Jika mereka menilai ada kebijakan yang merugikan rakyat, mereka tidak tinggal diam. Mereka akan turun ke jalan.

Geguritan Susanto Sagipah

Pepeling lan wis ditulis mawa tenger barang wis ilang ing suwalike kahanan peteng

Kembali ke Persis Solo, Abduh Lestaluhu: Bismillah

Sebelum bersinar bersama Persija Jakarta dan PS Tira Persikabo, Abduh Lestaluhu mengawali karier sepak bola profesional di Persis Solo.

Fitur Autopilot Diduga Picu Kecelakaan Massal Tesla di AS

Fitur autopilot diduga menjadi biang terjadinya kecelakaan massal mobil listrik Tesla di Amerika Serikat sejak 2016.

Luncuran di Sungai, Seorang ABG di Demak Hilang Tenggelam

Ternyata anak baru gede atau ABG itu meluncur sampai ke tengah, karena tidak bisa berenang korban tenggelam di sungai Desa Karangsari, Demak.