SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Wonogiri, Minggu (15/1/2012) mengakibatkan ruas jalan Pracimantoro-Eromoko yakni di Dusun Mlangse Lor RT 002/RW 005 Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro tergenang. Genangan air tersebut merupakan limpahan air dari saluran di sisi barat jalan yang menyebabkan kerap banjir saat hujan lebat.

Warijan, 48, warga desa setempat mengungkapkan ruas jalan itu selalu banjir saat turun hujan lebat. “Hujan lebat selama dua jam saja sudah membuat jalan tergenang. Kejadian seperti itu sering terjadi,” ungkapnya, Minggu.

Penyebab banjir tersebut karena saluran air di sisi barat jalan tidak mampu menampung air hujan. Saluran airnya pun menikung terlalu tajam sehingga air mudah meluber ke jalan. Di lokasi itu juga tidak ada gorong-gorong untuk mengalirkan air ke seberang jalan. “Semua air dari gunung (sisi barat desa tersebut-red) menumpuk ke ruas jalan itu semua. Jadi, air meluber semua ke jalan,” paparnya.

Warijan menambahkan, beberapa waktu terakhir ini ia telah membawa setidaknya lima orang korban ke rumah sakit akibat jatuh dari kendaraan saat melintasi genangan air tersebut. Korban jatuh, lanjut dia, bertambah banyak saat malam hari. Mobil pun sering mogok saat melewati banjir.

“Biasanya, kendaraan itu melaju kencang tetapi tidak melihat jika ada banjir dan akhirnya terjatuh. Ada juga yang sampai luka parah. Warga di sini sampai berjaga-jaga sambil bawa senter,” imbuhnya.

Ia berharap di ruas jalan itu dibuatkan gorong-gorong agar air limpahan dari gunung bisa dialirkan ke seberang jalan melalui gorong-gorong itu.

Dihubungi terpisah, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Toto Prasojo, mengatakan ruas jalan Pracimantoro-Eromoko telah berstatus jalan provinsi sejak tahun 2010. Maka, kewenangan untuk jalan itu ada pada Bina Marga Provinsi Jawa Tengah (Jateng). “Kami hanya memberi masukan kepada Bina Marga Provinsi Jateng sebagai warga Wonogiri,” jelasnya. Ayu Abriyani KP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya