Hujan Disertai Angin Kencang Terjang 2 Kecamatan Di Sukoharjo
Petugas BPBD Sukoharjo membersihkan pohon tumbang di wilayah Tawangsari dan Bulu pada Rabu (20/1/2021) petang. (Istimewa/BPBD Sukoharjo )

Solopos.com, SUKOHARJO -- Hujan deras disertai angin kencang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, Rabu (20/1/2021) sore. Akibat kejadian ini sejumlah pohon tumbang dan rumah mengalami kerusakan ringan.

Hingga Rabu malam proses evakuasi dan pendataan masih berjalan. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo bersama warga masih membersihkan batang pohon yang tumbang.

Berdasarkan foto-foto yang diunggah pengguna akun Instagram @infocegatansukoharjo, angin kencang membuat papan nama pada gapura salah satu kampung di Kecamatan Bulu rusak dan terbalik.

Ibu Di Solo Nekat Jualan Sabu-Sabu Karena Diminta Anaknya Yang Dipenjara

Foto lain menunjukkan pohon tumbang mengenai rumah warga. Kepala BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, mengatakan dua kecamatan yang dilanda hujan ddan angin kencang tersebut yakni Tawangsari dan Bulu.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. "Dari inventarisasi sementara ada pohon tumbang di Kecamatan Tawangsari dan Bulu. Sekarang masih dalam proses pembersihan," katanya kepada Solopos.com, Rabu malam.

hujan angin sukoharjo
Unggahan foto tentang dampak hujan dan angin di wilayah Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Rabu (20/1/2021). (Instagram @infocegatansukoharjo)

Sri Maryanto memerinci wilayah terdampak hujan disertai angin kencang di Kecamatan Tawangsari meliputi Desa Grajegan, Tambakboyo, dan Dalangan. Kemudian di Kecamatan Bulu wilayah terdampak adalah Desa Lengking dan Ngasinan.

3 Petugas Positif Corona, Dishub Karanganyar Batasi Layanan Uji Kendaraan

Atap Rumah Beterbangan

"Ada pohon tumbang hingga atap rumah warga beterbangan. Pohon tumbang yang menutup akses jalan langsung dibersihkan agar bisa dilalui kendaraan," katanya mengenai dampak hujan angin di Sukoharjo itu.

Camat Bulu Widyanto Setya Wibowo mengatakan dua desa di wilayahnya terdampak hujan deras disertai angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Dua desa ini adalah Lengking dan Ngasinan. Selain pohon tumbang, hujan dan angin kencang juga menyebabkan besi gapura di Ngasinan hingga terbalik.

Pembagian BST Tunggu PPKM Kelar, Wali Kota Solo: Dimarahi Presiden Ya Ben...

"Kami belum bisa menyebutkan berapa pohon yang tumbang dan rumah rusak. Karena masih kami data," katanya.

Yang jelas, ia mengatakan sejumlah rumah dilaporkan mengalami kerusakan seperti atap beterbangan dan bangunan tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang di Sukoharjo sore itu.

Ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai pohon tumbang saat terjadi hujan deras disertai angin kencang. "Hati-hati jangan berteduh di bawah pohon saat hujan deras dan angin kencang. Karena rawan ambruk," katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom