Ilustrasi Hujan Lebat (Foto Antara)

Solopos.com, SIDOARJO -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, di Sidoarjo, Jawa Timur, memperingatkan jika wilayah Kabupaten Ngawi dan sekitarnya berpotensi terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang pada siang dan sore hari.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto, Kamis (21/11/2019) menjelaskan hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai angin kencang sesaat diperkirakan tidak hanya terjadi di Ngawi.

"Bisa meluas ke Kabupaten Bojonegoro, dan juga Kabupaten Magetan," katanya, seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan, untuk prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya hari ini secara umum pada siang dan sore hari akan berawan dan juga hujan sedang dengan sifat lokal.

Sedangkan pada malam hari, kata dia, diperkirakan akan cerah berawan dan juga hujan lokal serta dini hari akan berkabut.

"Untuk suhu udara di Jatim berkisar antara 18 sampai dengan 35 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan udara sekitar 45 sampai dengan 95 persen serta kecepatan angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan sekitar 05 km/jam sampai dengan 30 km/jam," ucapnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada saat peralihan musim dari kemarau ke hujan seperti sekarang ini.

"Hindari berlindung di bawah pohon besar saat terjadi hujan deras, apalagi disertai dengan angin kencang dan juga petir," ujarnya.

Ia menambahkan, potensi angin kencang yang terjadi itu bersifat lokal dan juga sporadis dengan durasi waktu yang cukup singkat.

"Kami juga selalu menginformasikan kepada masyarakat terkait dengan peringatan dini informasi cuaca melalui berbagai kanal yang ada, termasuk melalui grup Whatsapp," katanya.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten