SOLOPOS.COM - ilustrasi cuaca berawan tebal/mendung. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Hujan diprediksi mengguyur wilayah Jogja di malam tahun baru

Harianjogja.com, JOGJA-Berbagai atraksi seni hiburan akan terpusat di kawasan jantung Kota Jogja yakni di kawasan Malioboro hingga titik nol kilometer Jogja. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi pada malam tahun baru, seluruh wilayah DIY akan diguyur hujan.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Pada malam tahun baru BMKG memprediksi akan turun hujan. Kepala Pos Klimatologi Jogja, Djoko Budiyono mengungkapkan, kondisi wilayah DIY memiliki potensi hujan. Selama sepekan Jogja hampir tidak diguyur hujan. Sehingga, potensi hujan yang akan turun diperkirakan akan terjadi dalam intensitas sedang hingga tinggi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebenarnya, saat ini masih memasuki musim penghujan. Malam tahun baru nanti diperkirakan akan hujan,” ungkap Djoko, Jumat (30/12/2016).

Djoko menambahkan, hujan yang terjadi sejak Kamis (29/12/2016) malam sampai Jumat (30/12/2016) pagi curah hujan berkisar 78-80 mm.

Kondisi curah hujan yang terjadi Kamis pagi dikategorikan sebagai hujan lebat. Potensi hujan lebat diperkirakan akan terjadi disertai kilat dan angin kencang. Kondisi ini diprediksi akan terjadi selama seminggu ke depan.

Lebih lanjut Djoko mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya peningkatan potensi hujan sedang hingga lebat. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi hingga 2 Januari 2017 mendatang. Sedangkan puncak hujan akan terjadi mulai pertengahan Januari hingga pertengahan Februari 2017.

“Masyarakat diharapkan waspada dan berhati-hati terhadap dampat yang akan ditimbulkan. Misalnya seperti banjir, tanah longsor, genangan air, hingga pohon tumbang,” imbuh Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya