SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan, BPBD Kabupaten Karanganyar, dan anggota Polsek Matesih memotong pohon yang tumbang dan melintang di jalan pada Kamis (18/3/2021). (Istimewa/Dokumentasi Camat Matesih)

Solopos.com, KARANGANYAR – Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Karanganyar pada Kamis (18/3/2021) sore WIB. Hujan tersebut membuat sejumlah ruas jalan di Karanganyar tergenang air.

Pantauan Solopos.com, hujan mengguyur Kabupaten Karanganyar mulai pukul 16.00 WIB. Hujan kali pertama hanya sebentar tetapi cukup deras kemudian berhenti. Disusul hujan berikutnya tidak terlalu lama dari hujan kali pertama. Hujan kali kedua ini deras dan lebih lama. Hingga berita ini ditulis pukul 18.55 WIB hujan masih turun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Ayo Mulai Siapkan Berkas Persyaratan, Seleksi CPNS dan PPPK Segera Dibuka

Akibatnya, Jalan Solo-Sragen, tepatnya di wilayah Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar, tergenang air. Camat Kebakkramat, Bakdo Harsono, menyampaikan genangan air di Jalan Solo-Sragen itu rutin terjadi apabila hujan deras dalam waktu lama.

“Itu langganan karena teknis. Selokan di sisi kanan dan kiri jalan itu belum selesai [dikerjakan]. Maka dari itu air dari jalan raya enggak bisa masuk. Selain itu, selokan ini lebih tinggi dari jalan,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Bakdo menceritakan kontur jalan dengan status jalan nasional itu miring ke arah median di tengah jalan. Selain itu, kondisi bahu jalan lebih tinggi ketimbang jalan aspal. Akibatnya genangan air akan muncul dari jalan yang termasuk wilayah Desa Pulosari hingga Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat.

“Akhirnya ya menggenang ke tengah. Kami sudah melaporkan itu ke pihak terkait di kementerian. Sudah berulang kali. Ada juga jalan kampung yang tergenang air. Itu jalan ke arah Balai Desa Pulosari. Biasanya akan surut setelah hujan reda. Ya paling tidak satu jam kemudian,” tutur dia.

Mojogedang

Sementara itu, Komandan Markas SAR Karanganyar, Arif Sukro Yunianto, menyampaikan Tim SAR Karanganyar menerima laporan genangan air di jalan raya Karanganyar-Mojogedang, tepatnya di Kelurahan Popongan. Sukro menyampaikan lokasi itu tidak pernah tergenang air.

“Sudah terkondisikan tetapi anggota SAR Karanganyar masih berjaga di sekitar lokasi. Untuk informasi lain sedang kami data. Teman-teman masih bertugas di lapangan. Kami siapkan alat gergaji mesin dan APD komplet.”

Baca Juga: Top 3 Warga Soloraya Penyuka Gorengan: Wonogiri, Sukoharjo & Sragen

Arif menambahkan pihaknya juga menerima laporan dari masyarakat perihal pohon tumbang. Sukro, sapaan akrabnya, membenarkan pohon tumbang terjadi di sejumlah lokasi di Karanganyar.

Dampak pohon tumbang tersebut menimpa rumah warga, kendaraan yang melintas jalan raya Solo-Karangpandan tepatnya di Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar, dan menyangkut di kabel listrik di depan SDN 03 Kalijirak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya