SOLOPOS.COM - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat melakukan peninjauan dibeberapa titik lokasi banjir di Makassar, Senin (13/2/2023). (ANTARA/Muh Hasanuddin)

Solopos.com, MAKASSAR–Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Moh. Ramdhan Pomanto mengemukakan hampir semua wilayah di kotanya saat ini tergenang banjir.

“Hampir seluruh wilayah Makassar dilanda banjir akibat curah hujan tinggi sejak subuh hingga saat ini, apalagi air laut juga naik,” ujarnya saat meninjau banjir di Jl. Sulawesi Makassar, Senin (13/2/2023), dikutip dari Antara.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan sebelum adanya imbauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dirinya sudah memerintahkan jajarannya selalu siaga banjir.

Ia juga turun memantau dan membuka saluran informasi mengenai banjir tersebut. Dia mengimbau warga tetap waspada, karena puncak air pasang laut dimulai pukul 13.30 WITA hingga malam hari.

“Para camat dan lurah segera turun lapangan bersama Satgas untuk mengecek kondisi drainase, pastikan tidak ada sumbatan dan segera bersama RT/RW memantau masyarakat yang terdampak banjir dan membutuhkan evakuasi,” katanya.

Kepada OPD terkait, ia memerintahkan segera menurunkan Satgas drainase untuk mengecek dan menjaga drainase dengan alat berat serta crain jika harus mengangkat beton.

Wali Kota Massar juga memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera mengaktifkan pemantauan di WAR Room BPBD.

“Segera persiapkan kegiatan evakuasi jika dibutuhkan. Dinas Sosial segera mempersiapkan semua hal yang sudah menjadi standar penanganan bencana banjir,” terangnya.

Sementara itu, organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diberit tugas perbantuan kedaruratan seperti standar sebelumnya.

Danny juga mengimbau masyarakat tak di luar bangunan, karena masih terjadi petir.

“Hindari pohon [agar taj tertimpa pohon tumbang], hindari tiang besi [listrik], dan jaga anak. Selalu waspada dan tanggap, serta selalu berdoa agar Kota Makassar senantiasa dilindungi dari bencana dan marabahaya. Aamin,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya