Hujan Deras, Puluhan Rumah di Jogobayan Setabelan Solo Kebanjiran

Puluhan rumah di Kampung Jogobayan, Setabelan, Banjarsari, Solo, kebanjiran akibat hujan deras pada Rabu (19/1/2022) siang.

 Warga melintasi luapan air anak Kali Pepe yang tidak muat menampung air hujan di Jogobayan, Setabelan, Banjarsari, Solo, Rabu (19/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Warga melintasi luapan air anak Kali Pepe yang tidak muat menampung air hujan di Jogobayan, Setabelan, Banjarsari, Solo, Rabu (19/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Hujan deras yang mengguyur Kota Solo mengakibatkan banjir di beberapa lokasi, salah satunya wilayah Setabelan, Banjarsari, Rabu (19/1/2022). Banjir itu akibat meluapnya anak Kali Pepe hingga masuk rumah, juga dari saluran drainase.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, Rabu, ada puluhan rumah warga yang kebanjiran dengan ketinggian bervariasi mulai selutut hingga perut orang dewasa. “Yang paling tinggi di dekat anak kali itu,” ujar salah satu warga setempat, Nicolous, kepada Solopos.com.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Nico mengatakan banjir sudah melanda kampungnya. Selain karena dekat kali juga dikarenakan posisinya yang cekung seperti mangkuk. Kampung itu dikelilingi jalan beraspal yang letaknya lebih tinggi dari perkampungan.

Baca Juga: Ini Titik Banjir di Solo Akibat Luapan Sungai Bengawan Solo Tadi Malam

“Jadi air dari jalan-jalan itu mengalirnya ke sini kalau hujan. Ini banjir yang paling besar sejak 2017. Kali di sini juga sebenarnya pernah dikeruk tapi ternyata belum menyelesaikan masalah,” ujarnya.

Warga lain, Heru Irianto, mengatakan banjir di wilayahnya, yakni RT 003/RW 006, Setabelan, Banjarsari, Solo, terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. “Pukul 14.00 WIB kurang itu sudah banjir, jadi hujan deras itu sudah mulai banjir. Sungai yang ada di sekitar rumah meluap sehingga air masuk rumah,” katanya, Rabu (19/1/2022).

Ia menjelaskan ketinggian air di lingkungan rumah warga bisa mencapai 20 cm hingga 50 cm. Lokasi yang dilanda banjir di antaranya sebagian RW 005 dan sebagian RW 006. Namun sekitar pukul 14.41 WIB, air sudah berangsur surut.

Baca Juga: Belum Diresmikan, Bangunan Baru Pasar Legi Solo Malah Kebanjiran

Banjir Pasar Legi Solo

Sebelumnya, banjir juga terjadi di Pasar Legi Solo yang lokasi tak jauh dari Setabelan, Banjarsari. Bedanya, banjir di pasar yang akan diresmikan pada Kamis (20/1/2022) itu karena struktur bangunan. Ada kebocoran atau rembesan pada atap dan aliran air lewat tangga menuju lantai dasar yang bersifat semi basement.

Selain itu, sejumlah ruas jalan terpantau digenangi air. Kepala Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Nico Agus Putranto, mengatakan berdasarkan pantauannya genangan muncul di viaduk Gilingan.

Baca Juga: Abdi Dalem Pura Mangkunegaran Solo Mulai Bersiap, MN X Segera Jumeneng?

Kemudian juga di Jl Urip Sumoharjo dari depan Pasar Gede ke utara atau ke arah Perempatan Panggung. Genangan juga terlihat di Jl Gajah Mada sekitar Monumen Pers sampai depan Novotel.

“Ini malah ada genangan juga di jalan depan Serabi Notosuman [Jl Moh Yamin]. Kami cek ketinggiannya ada 20 cm-30 cm,” ujar Nico saat dihubungi wartawan, Rabu siang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

+ PLUS Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkini

Round Up Remaja Wonogiri Hilang - Hamil, Ayah Bayi Masih Misterius

Remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu mengaku sempat bekerja di warung makan saat kabur dari rumah.

Murah Banget! Harga Makanan di Warung Pak Solet Makamhaji Mulai Rp8.000

Harga makanan di warung makan Pak Solet, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, murah meriah, mulai Rp8.000 per porsi.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Bakal Hujan Lama

Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Minggu (3/7/2022), hujan akan turun sejak siang hingga malam.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Minggu 3 Juli 2022 Hujan Siang Malam

Inilah prakiraan cuaca untuk kawasan Sukoharjo pada hari Minggu (3/7/2022).

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Hujan Sejak Siang hingga Malam

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Minggu (2/7/2022), hujan bakal turun dari siang hingga malam.

Waspada Hujan Siang Ini Lur! Berikut Prakiraan Cuaca Solo Minggu 3 Juli

Hujan ringan mewarnai prakiraan cuaca Kota Solo hari ini, Minggu (3/7/2022). Simak prakiraan cuaca pada jam-jam lainnya.

Hujan Lagi Lur, Ini Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Minggu 3 Juli 2022

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali untuk hari ini Minggu (3/7/2022) yang tersaji lengkap.

Pemprov: Pembangunan SMAN di Pasar Kliwon Terkendala Lahan Sempit  

Pembangunan SMA negeri di Pasar Kliwon yang sudah diwacanakan sejak 2020 belum terlaksana karena terkendala lahan yang sempit. 

Ganjar Disomasi Terkait PPDB, Rudy: Malah Terkenal

Rudy, panggilan akrabnya justru menilai somasi terhadap Ganjar sebagai sesuatu yang bagus karena akan membuat Ganjar kian terkenal. 

Megawati Pusing Capres PDIP? Ini Kata Pengamat

Megawati Soekarnoputri diprediksi pusing memilih antara mementingkan internal partai atau mengikuti keinginan publik dengan mencapreskan Ganjar Pranowo. 

Prabowo, Anies dan Ganjar Maju Capres, Wapres dari Kelompok Islam

Ketiga capres yang diprediksi bakal bertarung adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Pengunjung Grojogan Sewu Tawangmangu Naik 2 Kali Lipat

Saat ini jumlah pengunjung Grojogan Sewu naik dua kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Penerbangan Langsung dari Luar Negeri ke Solo Dikebut

Kemenparekraf bakal mempercepat layanan penerbangan langsung luar negeri ke Kota Solo.

Diminta Gibran, Sandiaga Siapkan Direct Flight dari Luar Negeri ke Solo

Menparekraf, Sandiaga Uno, menjanjikan akan mempercepat layanan penerbangan langsung dari luar negeri ke Kota Solo atas permintaan Gibran

Gibran: Percuma Promosi Pariwisata Tak Ada Direct Flight Luar Negeri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, ingin ada penerbangan langsung atau direct flight dari luar negeri ke Solo seperti dulu.

Di Depan Rudy, KIB Solo Dukung Ganjar Pranowo sebagai Capres

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Kota Solo siap mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.