Warga bergotong royong mengevakuasi pohon sengon yang tumbang menimpa bangunan TK di Desa Jendi, Kecamatan Girimarto, Senin (11/11/2019). (Istimea/BPBD Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI – Hujan deras disertai angin kencang di Kecamatan Girimarto, Wonogiri, Jawa Tengah, mengakibatkan satu bangunan TK tertimpa pohon dan sejumlah rumah rusak ringan. Total kerugian materi dari kejadian ini ditaksir mencapai Rp23 juta.

Angin kencang itu terjadi di Desa Jendi, Kecamatan Girimarto, Senin (11/11/2019) sekitar pukul 14.30 WIB. Akibatnya, sejumlah pohon dilaporkan tumbang dan atap-atap rumah rusak. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Tetapi, ada delapan rumah yang dilaporkan rusak dengan nilai kerugian Rp1,5 juta -Rp2 juta per rumah. Kemudian, satu unit bangunan TK tertimpa pohon sengon.

“Nilai kerugian paling parah ada di gedung TK senilai sekitar Rp12 juta,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, kepada Solopos.com.

BPBD Wonogiri langsung menggelar upaya pemulihan bersama sukarelawan tangguh bencana dan masyarakat seusai hujan dan angin reda. Gotong royong itu menurut rencana dilanjutkan hari ini (Selasa).

“BPBD juga mengirimkan dukungan logistik untuk kegiatan pemulihan di lokasi terdampak. Kami juga berkoordinasi dengan PLN terlait jaringan listrik yang mengalami gangguan,” terang Bambang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten