SOLOPOS.COM - ilustrasi curahan air hujan (JIBI/Solopos/Dok.)

Hujan deras memicu genangan di sekitar Jl. Juanda Solo.

Solopos.com, SOLO — Hujan deras yang mengguyur Kota Solo pada Rabu (10/1/2018) pada siang hingga sore hari menimbulkan genangan di sejumlah ruas jalan di wilayah Jebres.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di RT 003/RW 003 Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres Solo, genangan bahkan terjadi hampir sampai satu jam, pada Rabu sore. Genangan terpantau di gang dekat SMP MIS (Modern Islamic School).

Menurut Ketua Sibat Sewu Budi Utomo, jalur selokan di wilayah RT 003/RW 003 sangat kecil. Di sepanjang Jl. Juanda juga kurang area resapan. “Semua full cor-coran. Jadi bukan banjir tapi genangan akibat drainase yang kurang lancar. Tapi itu sifatnya hanya sesaat, satu jam surut,” kata Budi, tadi malam.

Berdasarkan Peta Bahaya Kerentanan Risiko dan Kapasitas (BKRK) Kelurahan Sewu, wilayah RW 003 Sewu termasuk wilayah rawan genangan. Selain RW 003 juga RW 004 di sekitar Jl. Juanda, termasuk di perbatasan Beton dan Sowijayan.

Genangan bisa terjadi mengingat daerah tersebut merupakan wilayah cekung. Di lokasi tersebut sudah tersedia pompa air.

Sibat Sewu juga sudah berupaya mengantisipasi genangan dengan membuat sumur resapan di belakang SMP MIS dan dua sumur resapan di SMPN 21 Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya