SOLOPOS.COM - SDN Tlagah 1, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur yang roboh setelah hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah itu, Kamis (2/12/2021). (Antara/BPBD Bangkalan)

Solopos.com, MADURA — Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tlagah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat (3/12/2021) sekitar pukul 04.00 WIB roboh.

“Gedung yang roboh itu dua kelas, yakni kelas 1 dan kelas 2, yakni SDN Tlagah I, Kecamatan Galis, Bangkalan. Kondisinya nyaris rata dengan tanah,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kecamatan Galis, Bangkalan Abdul Wahid.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menjelaskan, gedung SD yang roboh itu, kondisinya memang sudah retak, sehingga saat terjadi hujan deras yang disertai angin kencang langsung roboh.

“Untungnya, saat kejadian bukan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung,” kata Wahid dikutip dari Antara.

Baca juga: Waduh! Pengantin di Madiun Baru Setahun Menikah Terdeteksi HIV Positif

Pihak sekolah telah melaporkan kejadian itu ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Bangkalan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Madura.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pemkab Bangkalan Rizal Moris, bencana berupa gedung sekolah roboh itu merupakan salah satu jenis bencana yang terjadi di Bangkalan setelah hujan deras disertai angin mengguyur kawasan itu mulai Kamis (2/12/2021) pagi hingga malam.

Selain gedung sekolah roboh, jenis bencana alam lainnya yang juga terjadi di Bangkalan berupa banjir.

Baca juga: Sapi di Kandang Mewah Bak Rumah Manusia Ternyata Untuk Ini

“Wilayah yang dilanda banjir di Blega, Bangkalan,” katanya.

Banjir yang terjadi di Blega Bangkalan itu, akibat luapan sungai dan menggenangi jalan raya penghubung Kabupaten Bangkalan dengan Kabupaten Sampang.

Ketinggian genangan air antara 20 hingga 40 cm, dan menyebabkan sejumlah kendaraan bermotor macet.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya