Hujan Deras, 12 Desa di Pasuruan Dikepung Banjir

Sebanyak 12 desa yang berada di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) dilanda banjir pada Selasa (18/1/2022).

 Tim gabungan dari BPBD Pasuruan mengevakuasi warga yang terjebak banjir, Selasa (18/1/2022). (Solopos.com-Humas BNPB)

SOLOPOS.COM - Tim gabungan dari BPBD Pasuruan mengevakuasi warga yang terjebak banjir, Selasa (18/1/2022). (Solopos.com-Humas BNPB)

Solopos.com, PASURUAN — Sebanyak 12 desa di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), terendam banjir akibat meluapnya Sungai Rejoso, Selasa (18/1/2022) siang.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada 5.017 kepala keluarga di 12 desa yang berada di enam kecamatan itu yang terdampak banjir. Ke-12 desa itu yakni Desa Sekarputih di Kecamatan Gondang Wetan, Desa Tambakrejo di Kecamatan Kraton, Desa Kedawung Kulon di Kecamatan Grati, Desa Gempol di Kecamatan Gempol.

PromosiJalur Pendakian Kuno Gunung Lawu dan Legenda Prabu Brawijaya V

Kemudian Desa Kedungringin dan Desa Kedungboto di Kecamatan Beji. Serta Desa Kedungbako, Toyaning, Rejoso Kidul, Sedangrejo, Jarangan, dan Patuguran yang terletak di Kecamatan Rejoso.

Baca juga: Air Sungai Meluap, Tiga Kecamatan Di Kota Pasuruan Kebanjiran

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunukasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan banjir sebelumnya sempat dilaporkan melanda 12 desa di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan itu pada Senin (10/1/2022) malam. Meski demikian, banjir tersempat surut.

Namun pada Selasa siang, sekitar pukul 12.30 WIB, banjir kembali melanda kawasan itu. Terlebih, setelah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur kawasan tersebut. Air pun kembali naik dengan ketinggian bervariasi mulai 50 sentimeter (cm) hingga 10 cm.

“Pantauan kondisi di lokasi kejadian pada Selasa (18/1/2022) siang pukul 12.30 WIB, cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Ini menambah kekhawatiran warga banjir akan semakin meluas,” tulis Abdul Muhari dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Selasa petang.

Abdul Muhari mengatakan petugas BPBD bersama tim gabungan terus berkoordinasi dengan instansi terkait guna membantu warga terdampak, evakuasi warga yang rumahnya terendam juga terus dilakukan dengan menggunakan perahu karet.

Baca juga: Waspada Omicron, Pemkab Pasuruan Aktifkan Lagi Tempat Karantina

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman websitenya mengatakan sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang dan petir termasuk wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Dengan adanya peringatan dini yang dikelurkan BMKG tersebut, BNPB mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, angin puting beliung maupun tanah longsor,” ujar Abdul Muhari.

Upaya pencegahan, lanjutnya bisa dilakukan seperti melakukan susur sungai bersama para ahli untuk membersihkan material yang menghambat aliran air, pemantauan dan pemeliharaan kondisi tanggul, serta memantau peningkatan debit air ketika wilayah permukiman diguyur hujan lebat.

“Selain itu juga patut diwaspadai munculnya penyakit yang mengancam warga pascabanjir seperti diare, malaria, demam berdarah maupun penyakit kulit.”

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Kreatif! Kakek-Kakek di Madiun Ini Ubah Limbah Kayu Jadi Miniatur Truk

Seorang kakek-kakek di Kabupaten Madiun ini mengubah limbah kayu menjadi kerajinan truk yang bernilai ekonomi.

Sadis, Pemuda Bunuh Teman Kencannya Pakai Pisau di Hotel Kediri

Pemuda asal Jombang membunuh teman kencannya di salah satu hotel di Kediri.

Waduh, 2 Ekor Sapi di Madiun Suspek PMK, Ada Luka di Mulut dan Kaki

Dua ekor sapi di Kabupaten Madiun dinyatakan suspek penyakit mulut dan kaki (PMK).

9 Rumah di Pasuruan Dihantam Truk Bermuatan Pasir, Diduga Rem Blong

Dump truk berpelat nomor M 8148 UG bermuatan pasir batu menabrak sembilan bangunan rumah warga di Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (18/5/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Belum Direlokasi saat Revitalisasi Dimulai, Pedagang Pasar Sleko Ngeluh

Sejumlah pedagang Pasar Sleko, Kota Madiun, mengeluh karena belum direlokasi saat proyek revitalisasi pasar tersebut dimulai.

Rem Blong, Truk Kontainer Tabrak Ruko & Mobil, 1 Orang Meninggal

Truk kontainer menabrak rumah toko dan mobil di kawasan Simpang 3 Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (18/5/2022). D

Bahasa Walikan Malang Ada Sejak Zaman Belanda, Dulu Dipakai Jadi Sandi

Bahasa Walikan Malang ternyata sudah ada sejak zaman Belanda, dahulu digunakan prajurit sebagai kode atau sandi.

Ratusan Sekolah di Ponorogo Tak Miliki Kepsek, Kenapa Ya?

Ratusan sekolah di Ponorogo tidak memiliki kepala sekolah definitif.

Fakta Baru Kecelakaan Maut di Tol Surabaya, Bus Tak Lakukan Pengereman

Polda Jatim menemukan fakta baru terkait kecelakaan lalu lintas maut di Tol Surabaya-Mojokerto yang menewaskan 14 orang.

Sopir Bus Kecelakaan Maut di Tol Surabaya Terancam Jadi Tersangka

Sopir bus kecelakaan maut di Tol Surabaya-Mojokerto berpotensi ditetapkan sebagai tersangka.

Seluruh Korban Kecelakaan di Tol Surabaya Diberi Santunan

Jasa Raharja memberikan santunan kepada seluruh korban dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Sah! Dua Perda di Ponorogo Resmi Dicabut, Ini Alasannya

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mencabut dua peraturan daerah (Perda) dalam Rapat Paripurna di gedung wakil rakyat setempat, Selasa (17/5/2022).

Ngeri, Kondisi Bodi Bus Kecelakaan Maut di Tol Surabaya Rusak 80%

Kerusakan bodi bus yang mengalami kecelakaan hebat di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto mencapai 80%.

10 Daerah Termiskin di Jawa Timur,Sampang Angka Kemiskinannya Tertinggi

Berikut ini 10 daerah yang menjadi kantong kemiskinan di Jawa Timur.

Kasihan, Pelajar di Ponorogo Ditemukan Tewas karena Tersengat Listrik

Seorang pelajar di Ponorogo ditemukan meninggal dunia karena tersengat listrik di rumahnya.