SOLOPOS.COM - Ilustrasi pohon tumbang (JIBI/Solopos/Dok)

Akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi hingga Minggu (18/3/2018) malam, Pusdalops BPBD Bantul mencatat ada 10 titik yang terdampak

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, BANTUL–Akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi hingga Minggu (18/3/2018) malam, Pusdalops BPBD Bantul mencatat ada 10 titik yang terdampak. Mayoritas merupakan bencana pohon tumbang, baik yang menimpa rumah ataupun lokasi-lokasi lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Manager Pusdalops BPBD Bantul, Aka Luk Luk mengatakan berdasarkan data yang ia himpun ada sembilan titik kejadian pohon tumbang dan satu kejadian akibat angin kencang.

Yaitu pohon tumbang menimpa rumah menimpa 2 rumah yang mengalami kerusakan ringan, mengenai jaringan listrik di dua lokasi yang mengakibatkan satu kabel jaringan terputus, melintang di empat ruas jalan, menimpa satu kandang, dan mengakibatkan satu atap rumah terbang.

“Kejadian tersebut tersebar diwilayah Kecamatan Banguntapan, Sewon, dan Pleret,” katanya, Senin (19/3/2018).

Untuk itu, Aka menuturkan sebagai langkah pencegahan dan kesiapsiagaan pihaknya mengimbau masyarakat untuk mengurangi dahan pohon yang sudah terlalu rimbun dengan memangkasnya.

Selain itu, jika terjadi bencana pohon tumbang ia meminta masyarakat segera melapor ke BPBD dan sebisa mungkin bergotong royong untuk mengatasinya.

Itu semua menurut Aka perlu dilakukan guna meminimalisir kerugian akibat bencana alam yang terjadi pada kondisi cuaca seperti sekarang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya