Petugas SAR, PMI, Damkar, SAR MDMC, dan warga mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang akibat hujan angin di Kebakkramat, Karanganyar, Rabu (11/12/2019). (Istimewa/SAR Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dua rumah warga di Banjaharjo dan Macanan, Kebakramat, Karanganyar, rusak tertimpa pohon tumbang saat hujan angin melanda wilayah tersebut, Rabu (11/12/2019) siang.

Kerugian akibat kerusakan tersebut hingga pukul 16.30 WIB belum diketahui lantaran tim gabungan masih melakukan penyisiran. Pantauan Solopos.com, hujan angin mulai melanda wilayah Karanganyar sekitar pukul 13.00 WIB.

Hujan yang hanya berdurasi sekitar 30 menit tersebut tidak berdampak besar di kawasan kota Karanganyar. Namun pohon tumbang terdeteksi banyak di kawasan Kebakkramat.

Wakabid Operasional SAR Karanganyar, M. Rasyid Al Fauzan, mengatakan langsung berkoordinasi dengan tim SAR seluruh Karanganyar untuk bersiaga ketika melihat tanda hujan angin.

Diteror King Cobra, Pemilik Warung Mi Ayam di Klaten Ngungsi

Hingga pukul 16.30 WIB, tim SAR mendeteksi ada 15 pohon tumbang di Kebakramat, Tasikmadu, dan kawasan kota. Setelah hujan reda, tim SAR Karanganyar bersama PMI, Damkar, SAR MDMC, dan warga kemudian mulai mengevakuasi pohon tumbang yang dilaporkan.

“Di kawasan kota kami mendapatkan laporan satu pohon tumbang di depan Disdukcapil. Sekarang sudah teratasi. Kemudian kami mendapatkan info masuk dari Kebakramat dan Tasikmadu juga ada,” beber dia.

Rasyid menjelaskan di Kebakkramat ada dua rumah dan satu unit sepeda motor yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Pohon-pohon yang tumbang selain menimpa rumah juga menutup akses jalan besar dan perkampungan.

“Perinciannya masih belum bisa karena proses masih berjalan. Ada juga kabel listrik sepanjang 500 meter yang terbakar akibat korsleting. Sementara itu di Colomadu dan Jatiyoso kami pantau kondisi aman dan tidak terdampak,” imbuh dia.

Giliran Bupati Jekek Dipanggul Penonton Saat Konser Didi Kempot di Wonogiri

Terpisah, Carik (Sekdes) Macanan, Reza Fahroni, mengatakan ada empat warga yang terdampak secara material akibat pohon tumbang. Masing-masing Wahono, warga Dukuhan RT 001/RW 005, rugi Rp1 juta dan Wahyono, warga Pengin Lor RT 001/RW 009 rugi Rp5 juta.

Sementara itu Sunarno warga Tawang RT 001/RW 001 dan Sutardi warga Candi RT 003/RW 003 masing-masing mengalami kerugian Rp2 juta.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, mewakili Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, mengatakan pohon tumbang di Jl. Nangsri, Macanan RT 004/RW 002 saat ini sudah ditangani.

“Sementara kami baru mendapatkan data pohon tumbang di Dukuh Jagatan, Dusun Banjar, Dukuh Karangmanis, dan Dukuh Manggal,” jelas dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten