SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

Hubungan multilateral untuk kawasan Asia Timur dirong memprioritaskan kerja sama maritim.

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Pemerintah Indonesia sukses memasukkan kerja sama maritim sebagai prioritas baru kemitraan negara-negara di Asia Timur.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kerja sama maritim sangat strategis untuk dilakukan dengan negara-negara Asia Timur, karena sejalan dengan upaya Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Kerja sama maritim memiliki dampak langsung kepada stabilitas, keamanan, dan kemakmuran di Asia Timur,” kata dia di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (22/11/2015).

Presiden menuturkan negara-negara Asia Timur harus menunjukkan komitmennya dalam kerja sama maritim, karena telah masuk ke dalam East Asia Summit Statement on Enhancing Regional Maritime Cooperation.

Dokumen tersebut pun perlu ditindaklanjuti dengan langkah nyata dari negara-negara Asia Timur, dengan melakukan pengembangan ekonomi yang berbasis maritim secara berkelanjutan.

“Negara Asia Timur harus meningkatkan konektivitas kelautan, kerja sama antar-lembaga penelitian, dan mengatasi tantangan lintas batas secara bersama-sama,” ujar dia.

Presiden juga meminta negara-negara peserta East Asian Summit ikut aktif memerangi illegal, unreported, and unregulated (IUU) Fishing, dan membentuk instrumen khusus di kawasan yang dapat digunakan untuk melaksanakan aksi tersebut.

“Indonesia mengedepankan pendekatan hukum, sekaligus budaya dan kultur dalam memerangi terorisme, dan negara peserta East Asian Summit harus bekerja sama melawan ekstremisme, serta radikalisme,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya