SOLOPOS.COM - (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harianjogja.com, JOGJA-Persaingan antara dua produsen telepon pintar berbasis OS Android, HTC dan samsung semakin sengit. Keduanya baru-baru ini melakukan pemangkasan atau mengeluarkan versi mini dari produk unggulan mereka. HTC mengeluarkan HTC One mini, sedangkan Samsung tampil dengan Galaxy S4 mini.

Dilihat dari segi desain dan tampilan Samsung mencoba menghadirkan desain yang sangat familiar dengan produk versi aslinya yakni Galaxy S4 dan terbuat dari bahan plastik. Sedangkan untuk HTC One Mini mengusung tema desain unibody dengan bahan dari alumunium. HTC juga menempatkan dual speaker yang terdapat di area depan, alhasil suara terdengar lebih menggelegar.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Di balik perbedaan tersebut berat dari kedua produk versi mini tersebut tidak terlalu jauh, yakni 107 gram untuk Galaxy S4 mini dan 122 gram untuk HTC One mini. Kedua ponsel tersebut juga menggunakan sistem Android 4.2.2 Jelly Bean. HTC dilengkapi sistem sense pada desainnya, sedangkan Samsung menggunakan TouchWiz.

Memasuki fitur lain dari kedua ponsel pintar ini, kita akan dihadapkan pada perbedaan mencolok. Meskipun sama-sama menggunakan bentang layar 4,3 inci, namun dilihat dari kerapatan piksel HTC lebih unggul karena memiliki 342 ppi dengan dilapoisi Gorilla Glass v.3 sedangkan Samsung hanya memiliki kerapatan 256 ppi dengan Gorilla Glass v.2

Soal fitur yang ditanamkan pada dua ponsel pintar versi mini, Anda tidak perlu khawatir karena kedua pabrikan menanamkan fitur sama dengan versi aslinya yakni HTC One dan Galaxy S4.

Lalu dimanakah letak pemangkasan? Kedua pabrikan ponsel memilih melakukan pemangkasan pada dapur pacu. Octa core yang biasa ditempatkan di Galaxy S4, diubah menjadi dual core di Galaxy S4 mini, hal itu juga berlaku untuk HTC One mini.

Dari segi kamera, Galaxy S4 mini lebih unggul karena menempatkan kamera utama berukuran 8 MP dan sekunder 1,9 MP serta melengkapinya dengan fitur geo tagging dan deteksi wajah. Sedangkan HTC One mini menggunakan kamera 4 MP dengan teknologi ultrapixel dan juga fitur geo-tagging serta kamera sekunder 1,6 MP.  Untuk daya baterai HTC One mini dilengkapi dengan baterai 1.800 mAh sedangkan Galaxy S4 mini menggunakan baterai 1.900 mAh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya