SOLOPOS.COM - Pasar Klewer (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Pasar Klewer (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO — Kesediaan Walikota Solo untuk bertemu dengan pedagang disambut baik oleh Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK). Kendati demikian, pihak HPPK meminta pertemuan itu berlangsung secara terpisah antara komunitas pedagang lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada dasarnya kami siap diundang. Kalau bisa pertemuannya satu persatu dengan kelompok pedagang lainnya. Semisal pertemuan HPPK dijadwalkan kapan, hari berikutnya ada pertemuan lagi dengan KPPK. Jangan sampai dua-duanya dipertemukan, nanti hasilnya tidak efektif,” jelas pejabat Humas HPPK, Kusbani, saat ditemui wartawan, di kiosnya, Rabu (12/12/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Apa yang diutarakan Kusbani bukan tanpa alasan. Dirinya khawatir jika pertemuan antara kelompok pedagang berlangsung dalam satu forum akan terjadi perbedaan dan perdebatan kusir.

“Kalau terpaksa kami diundang secara bersamaan, kemungkinan HPPK tidak hadir. Namun pada dasarnya kami bicarakan dulu dengan lainnya,” jelas Kusbani.

Dalam pertemuan nanti, Kusbani menanyakan beberapa point terkait kejelasan studi kelayakan atau feasibility study (FS) dan detail engineering design (DED) hingga analisa dampak lingkungan (amdal) revitalisasi Pasar Klewer.
“Materi lainnya kami akan tanyakan juga mengenai evaluasi renovasi Pasar Klewer. Ada beberapa garapan dari proyek yang tidak sesuai dengan perjanjian awal,” terang Kusbani.

Menanggapi ihwal rencana pertemuan, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan Pemkot Solo tidak perlu bergantung pada HPPK.

“Teknis pertemuan seperti apa, ya HPPK jangan mengatur. Mekanisme kan sudah ada, ada pemerintah melalui Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) yang mengatur pedagang. Bukan kita mau menang-menangan sendiri,” tegas Rudy.

Rudy menerangkan dalam menampung aspirasi pedagang, Pemkot tidak akan merugikan pedagang. Dalam setiap pengambilan kebijakan, kata Rudy, Pemkot akan memberikan sesuatu yang terbaik buat rakyatnya.

Sementara itu, pejabat Humas Komunitas Pedagang Pasar Klewer (KPPK), Solahuddin, meminta Walikota bisa bersikap adil terhadap pedagang. “Maksud baik Walikota mengundang pedagang Pasar Klewer merupakan langkah yang tepat. Asalkan dalam pertemuan nanti, Pemkot jangan goyah untuk merevitalisasi Pasar Klewer,” jelas Solahuddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya