SOLOPOS.COM - Diskominfo Karanganyar bersama awak media mengunjungi wartawan senior Suti Hapsoro yang tengah sakit stroke di kediamannya di Jaten, Karanganyar pada Kamis (9/2/2023). (Solopos.com/ Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Wartawan di Kabupaten Karanganyar bertubi-tubi menerima ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN) pada Kamis (9/2/2023). Selain dari Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Timotius Suryadi bersama jajaran pejabat dan staf Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), ucapan selamat juga datang dari Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy, bersama jajarannya.

Sekda bersama pejabat Diskominfo menggelar acara peringatan HPN 2023 secara sederhana dengan potong tumpeng dan pelepasan burung derkuku. Ia berharap pers tetap bebas dan indenpenden, sehingga bisa seimbang dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hari ini kita lepas burung derkuku sebagai simbol kebebasan pers,” kata Sekda.

Ia juga mengapresiasi insan pers di Karanganyar yang tak kenal lelah memberi informasi kepada warga. Pers menjadi mitra Pemkab Karanganyar dalam menyampaikan program kerja maupun potensi daerah. “Funsi pers bukan hanya kontrol sosial, namun juga sebagai mitra kerja Pemkab menyampaikan informasi,” katanya.

Sementara itu Kapolres berharap komunikasi dan sinergi antara Polres dan insan media terus terjalin dengan baik. Media juga harus berkontribusi bukan hanya menyajikan informasi melainkan juga memberikan edukasi bagi masyarakat.

“Selamat Hari Pers. Momentum ini semoga menjadi semakin memperkuat kolaborasi dan sinergi antara insan media, pemerintah, dan masyarakat,” katanya.

Ketua Forum Jurnalis Karanganyar (FJK), Beni Suryono, mengatakan momentum HPN merupakan pengingat kembali akan fungsi pers. Bukan sekadar membuat dan mengirim berita ke redaksi. Namun menjunjung tinggi fungsi kontrol sosial, memberikan edukasi dan informasi.

“Insan pers jangan kuper. Bergaul seluas-luasnya tapi tetap profesional,” katanya.

Dalam memperingati HPN, awak media mengunjungi para seniornya. Kunjungan pertama ke Kustawa Esye. Ia adalah wartawan senior Karanganyar yang masih aktif bergelut di dunia pers. Sayang, Kustawa di hari tuanya tak selincah dulu. Ia lebih banyak menghabiskan waktu di rumahnya di Dusun Pokoh, Desa Ngijo, Tasikmadu setelah terkena serangan stroke pada 2021 .

Kemudian rombongan menuju rumah Suti Hapsoro di Jaten, wartawan senior yang kini juga didera sakit stroke. Senyum Suti mengembang melihat para teman lamanya bertandang. Bingkisan buah-buahan diterimanya sambil mengobrol kondisi terkini.

Gilirang rumah Benny Suryono yang dikunjungi romboan jurnalis. Istri Benny sedang sakit yang membuatnya absen menjalankan tugas beberapa waktu terakhir ini.

“Terima kasih kedatangannya. Ini menyemangati kami agar sembuh dan kembali menjalankan tugas jurnalistik,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya