SOLOPOS.COM - ilustrasi pegang handphone (pictagram)

Solopos.com, SOLO — Handphone atau HP menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan sekarang ini. Selain sebagai alat komunikasi juga bisa mendukung fungsi yang lain untuk kepentingan kerja dan kegiatan harian.

Namun terkadang ketika asyik menggunakan HP, tiba-tiba terhenti atau kinerjanya lemot. Padahal jaringan internet baik, namun saat berkirim pesan tidak segera terkirim. Kegiatan lain juga sering terhenti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tentu bukan tanpa sebab jika HP tiba-tiba lemot. Ada beberapa faktor penyebabnya. Mulai dari memori internal penuh, aplikasi yang terpasang tak sesuai kapasitas penyimpanan HP. Lalu performa baterai menurun, penurunan fungsi RAM, sistem operasi yang terpasang tidak sesuai, dan terlalu banyak aplikasi yang aktif

Baca juga: Perangkat Hiburan, Headset AR/VR Apple Glasses

Kondisi seperti itu segera diatasi, sehingga kinerja HP bisa maksimal kembali. Untuk mengatasi HP lemot, berikut tipsnya yang dikutip dari digitalponsel.com dan adira.co.id.

Cek penggunaan memori internal. Semakin banyak memori internal yang digunakan maka semakin sedikit ruang bagi sistem operasi. Sebaiknya simpan data di memori eksternal menggunkan kartu memori. Atau pilihlah smartphone dengan memori internal yang besar.

Cek RAM HP. Selain memori hal yang paling berpengaruh lainnya dalam kinerja HP adalah RAM. Rajinlah mengecek RAM dan bersihkan. Karena HP dengan RAM besar pun jika tidak rajin mengecek dan membersihkan akan membuat RAM tersebut penuh dan menyebabkan HP lemot.

Tutup aplikasi setelah digunakan. Ketika selesai membuka aplikasi dan kembali pada layar awal sejatinya aplikasi itu belum benar – benar keluar dan masih berjalan pada latar belakang. Ini memenuhi beban kerja RAM dan membuat hp android menjadi lemot. Jadi sebaiknya segera tutup dengan cara cara menggeser ke kanan atau ke kiri.

Baca juga: Rekomendasi HP Ram 3GB dengan Harga Rp1 Jutaan

Hanya satu aplikasi antivirus. Aplikasi antivirus ini biasanya bekerja pada beckground atau latar belakang sistem android. Jadi otomatis berdampak pada penggunaan RAM yang terus menerus. Sebaiknya gunakan satu aplikasi antivirus saja untuk menghemat penggunaan RAM.

Buang aplikasi HP yang tidak perlu. Gunakanlah aplikasi seperlunya saja, jangan terlalu banyak menginstal aplikasi yang tidak perlu. Penginstalan aplikasi yang terlalu banyak membutuhkan ruang memori internal sehingga menyebabkan HP lemot karena memori hp android penuh.

Restart HP. Cara ini merupakan cara pintas yang biasa dilakukan untuk mengatasi HP lemot. Boleh saja, namun ingat cara ini merupakan cara pintas yang dilakukan dalam keadaan darurat. Misalnya anda sedang butuh untuk menghubungi orang lain karena kepentingan yang mendesak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya