SOLOPOS.COM - AKSES INTERNET --

AKSES INTERNET -- Dua warga memanfaatkan fasilitas hotspot untuk mengakses Internet. Makin tingginya tingkat penggunaan internet oleh masyarakat membuat Pemkot Solo berupaya merealisasikan pembangunan hotzone di kawasan jalan protokol. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solo (Solopos.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menargetkan realisasi kawasan akses internet nirkabel atau hotzone di sepanjang jalan dari kawasan Kleco hingga Panggung, Jebres kelar tahun depan. Akhir tahun ini, ditarget kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Galabo, serta Kleco sampai Gladak juga sudah terpasang fasilitas hotzone.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sementara, untuk mencapai kawasan Panggung, Jebres, akan kami selesaikan pada tahun 2012,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Solo, Eni Tyasni Susana, kepada wartawan, di sela-sela jumpa pers penyelenggaraan Solo Cyber Day, di rumah makan D’Badran Kuliner, Rabu (30/11/2011).

Sebelum ini diberitakan, Solo bakal memiliki jalur akses internet terpanjang di Indonesia yakni mencapai 10 kilometer. Jalur akses internet tersebut tidak lagi menggunakan hotspot melainkan hotzone. Pada tahap awal pemasangan hotzone awal Oktober lalu, Pemkot bersama Huzz.net dan investor PT Telconet Investidea berencana memasang lima titik di sepanjang Jl Slamet Riyadi dari Sriwedari hingga Pasar Pon. Tetapi, saat ini, baru terealisasi empat titik yakni di Jl Jendral Sudirman tiga titik dan di Galabo satu titik. “Jangkauan radiusnya semakin luas. Jadi, jika rencana semula kami akan pasang 40 titik hotzone, realisasinya nanti tidak sampai 40 titik,” imbuh Eni.

Dari hasil evaluasi sementara, lanjut Eni, keempat titik hotzone itu sudah banyak yang memanfaatkan. “Dari hasil pantauan sudah banyak yang pakai. Satu titik bisa sampai 10 orang,” katanya.

Penyediaan fasilitas hotzone ini, menurut dia, tidak lepas dari tren kebutuhan internet di masyarakat saat ini sangat tinggi. Untuk menuju Solo menjadi cyber city Pemkot Solo bersama Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo menggagas kegiatan Solo Cyber Day yang akan dihelat di city walk depan Sriwedari, Minggu (4/12/2011). Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi atas perkembangan sektor informasi teknologi (IT) yang ada di Kota Solo belakangan ini.

Sebanyak 1.500 orang dari berbagai kalangan, baik siswa, komunitas, blogger, pelaku bisnis online bakal meramaikan agenda ini. “Banyak hal yang bisa mereka lakukan dengan internet. Tapi, dalam Solo Cyber Day, mereka akan mem-branding Kota Solo, bisa dengan update status, tulisan di blog dan aktivitas internet lainnya,” ujar Eni.

Penasehat Apkomindo Solo, Simon W Purbo, menambahkan Solo Cyber Day juga akan diisi dengan talk show bersama pakar telematika Onno W Purbo serta Walikota Solo, Joko Widodo. “Tema yang akan kami angkat dalam perbincangan ini adalah tentang tren perkembangan IT yang saat ini merambah sebagai media komunitas,” kata Simon.

haw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya