Warga mengurus perizinan di Kantor Dinas Penanaman Modal, PTSP, Koperasi, dan Usaha Mikro Kota Madiun, Selasa (12/2/2019). (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Madiunpos.com, MADIUN -- Persaingan hotel berbintang di Kota Madiun, Jawa Timur, akan semakin ketat. Tahun ini rencananya hotel berbintang empat yaitu Hotel Ibis dibangun di Kota Pecel.

Saat ini, hotel berbintang empat di Kota Madiun hanya satu yaitu Hotel Aston. Selain itu ada hotel berbintang tiga dan dua seperti Sun Hotel, Fave Hotel, dan Hotel Amaris.

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, Koperasi, dan Usaha Mikro Kota Madiun, Harum Kusumawati, mengatakan di pengujung tahun 2018 ada investor yang berniat menanamkan modalnya untuk mendirikan hotel di Kota Madiun. Hotel berbintang empat itu rencananya dibangun di Jl. Agus Salim.

Dia menuturkan saat ini proses perizinan masih berjalan. Itu merupakan salah satu investasi besar yang masuk di Kota Madiun pada tahun ini.

"Akhir tahun 2018, ada investor yang akan mendirikan Hotel Ibis. Hotel bintang empat," kata dia kepada wartawan di kantornya, Selasa (12/2/2019).

Harum menyampaikan untuk investor lainnya yang akan masuk yaitu di sektor perdagangan kosmetik, fashion, dan farmasi. Sedangkan sektor lainnya belum ada. Apalagi Kota Madiun merupakan kota kecil yang lahannya sempit.

"Selain di sektor perdagangan, ada industri tapi skalanya kecil. Kalau industri besar sepertinya tidak. Karena ini kan kota kecil, nanti limbahnya kan juga bermasalah," ujar Harum.

Pihaknya menargetkan nilai investasi pada tahun 2019 bisa menembus angka Rp380 miliar. Sampai Februari ini investasi yang masuk sudah mencapai Rp30 miliar. Harum tidak memerinci nilai investasi tersebut di bidang apa.

Pihaknya mengklaim Pemkot Madiun saat ini ramah investasi dan mempermudah pelayanan perizinan untuk usaha.

Setiap harinya, kata Harum, ada sekitar 50 orang yang mengurus izin usaha di kantor pelayanan perizinan. Tercatat saat ini pelaku UMKM di Kota Madiun mencapai 21.000 dengan beragam bidang. Angka tersebut diklaim akan terus berkembang. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten