HOTEL DI SURABAYA : Accor Group Tambah Hotel di Surabaya

HOTEL DI SURABAYA : Accor Group Tambah Hotel di Surabaya

SOLOPOS.COM - Accor Hotel (luxuo.com)

Hotel di Surabaya diperkaya jaringan operator hotel Accor Group.

Solopos.com, SURABAYA — Jaringan operator hotel Accor Group tahun 2015 ini kembali memperluas pasar di Surabaya. Accor akan mengoperasikan beberapa hotel berbintang yang kini dalam proses pembangunan.

Chief Operating Officer (COO) Accor untuk Malaysia-Indonesia-Singapura, Gerard Guillouet, mengatakan tahun ini setidaknya ada dua hotel baru di Surabaya yang akan dioperasikan Accor. Satu di antaranya adalah Hotel Mercure Praxis yang dikembangkan oleh PT Intiland Development Tbk.

"Kami melihat bisnis perhotelan di Surabaya sangat bagus terutama menyasar orang-orang lokal dan asing yang sedang berbisnis, dan untuk vacation juga baik khususnya wisata di pusat kota, makanya kami optimistis untuk terus ekspansi di kota ini," katanya seusai menandatangani nota kerjasama Accor-Intiland, Senin (25/5/2015).

Adapun hingga saat ini Accor telah mengoperasikan 8 hotel di Surabaya dengan total 1.400 kamar, seperti Mercure Grand Mirama Darmo, Pullman, hingga Ibis Style. Sedangkan di seluruh dunia ada 700 hotel, dan di Asia ada 70 hotel Mercure yang dioperasikan.

Khas Indonesia
Gerard menjelaskan dalam melakukan ekspansi bisnis, Accor bakal mencari hotel yang berada di lokasi strategis. Selain itu, menggandeng hotel yang memiliki bangunan khas budaya Indonesia.

"Ada style international dan budaya Indonesia itu merupakan produk penting karena tamu yang datang akan merasa senang. Selain itu akses menuju airport juga menjadi pertimbangan," jelasnya.

Di Surabaya, lanjut Gerard, Accor menargetkan tingkat hunian bisa mencapai 75%, mengingat kebutuhan hotel berbintang dan ruang meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) cukup tinggi.

Rencananya, Accor akan mengoperasikan Hotel Mercure Praxis Surabaya selama 10 tahun  sesuai kontrak kerjasama dengan Intiland.

19 Lantai
COO dan Wakil Presiden Direktur Intiland Sinarto Dharmawan menambahkan, rencananya hotel bintang empat yang berada di kawasan superblok Praxis tersebut memiliki tinggi 19 lantai dengan total 288 kamar. "Kami targetkan pembangunan hotel ini selesai pada pertengahan 2017 dan sudah bisa langsung beroperasi," ujarnya.

Sementara itu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur menyatakan rerata tingkat okupansi hotel di Jawa Timur saat ini masih 60% setelah sebelumnya sempat anjlok hingga 45% akibat adanya larangan PNS menggelar rapat di hotel.

"Memang sekarang sudah mulai berangsur membaik, tetapi butuh dorongan lebih agar okupansi bisa mencapai 70% terutama dukungan promosi pariwisata dari pemerintah yang masih kurang. Di samping itu, persaingan bisnis hotel di Surabaya semakin ketat," kata M. Sholeh, Ketua PHRI Jatim.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Bagi-Bagi Kupat Jembut di Tradisi Syawalan Khas Semarang

Dalam Bahasa Jawa, kata jembut mungkin memiliki kesan vulgar. Namun jembut di sini rupaya adalah jenis makanan.

Perahu Wisata di Waduk Kedung Ombo Kemusu Boyolali Tenggelam Diduga Kelebihan Muatan

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedung Ombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Permasalahan Pembayaran THR Banyak Dialami UMKM, Pemerintah Harus Hadir

Pemerintah harus hadir secara langsung untuk menangani masalah pembayaran THR keagamaan bagi perusahaan-perusahaan di segmen UMKM yang tidak mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam, 9 Orang Hilang

Sembilan penumpang perahu wisata di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, yang tenggelam, Sabtu (15/5/2021) hilang.

Grebeg Ketupat, Tradisi Perayaan Lebaran Khas Magelang

Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang unik di setiap daerah. Salah satunya Tradisi Grebeg Ketupat di Kabupaten Magelang.

Petugas Rutan Solo Temukan Handphone, Diduga Dilempar dari Luar Dinding Rutan

Petugas Rutan Kelas I A Solo kembali menggagalkan percobaan penyelundupan benda terlarang di dalam Rutan Solo

Ribuan Pengunjung Serbu Ndayu Park Sragen di H+2 Lebaran

Ribuan warga berlibur ke objek wisata Ndayu Park Sragen pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Terminal Sukoharjo Sepi, Hanya PO Lokal yang Beroperasi

Sepinya penumpang bus di Terminal Sukoharjo terjadi sejak pengetatan aturan perjalanan mulai 22 april-5 Mei.

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).