SOLOPOS.COM - Ilustrasi tamu hotel. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah hotel berbintang di Soloraya memperoleh sertifikat dari sejumlah kementerian terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan adanya sertifikasi tersebut hotel-hotel itu diharapkan mampu membuat para tamu nyaman dan aman saat menginap di hotel di masa pandemi virus corona ini.

Marketing Communication Nava Hotel, Devi Susanti, mengataka Nava Hotel menerima sertifikat CHSE Label I Do Care dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sertifikat hotel di Soloraya ini sebagai salah satu bukti bahwa hotel di Jl. Grojogansewu, Tawangmangu, Karanganyar itu memenuhi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) terkait Covid-19.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Menurutnya, Nava Hotel dinyatakan lolos sertifikasi dan menerima sertifikat pada 23 Desember 2020. “Tidak hanya dari Kemenparekraf, sertifikasi CHSE ini juga atas rekomendasi dan persetujuan dari Badan Pariwisata Jakarta dan Bali. Dengan sertifikasi ini, diharapkan para tamu lebih nyaman dan tenang saat ingin menginap atau melakukan kegiatan bisnis di Nava Hotel,” ujar dia, kepada Solopos.com, Minggu (27/12/2020).

Jadi Beban Keluarga, Pria Sumut Dicoret dari Keluarga, Begini Kisahnya...

Devi menjelaskan sertifikat ini diperoleh setelah Nava Hotel melakukan penerapan standar protokol kesehatan, kebersihan, keamanan serta lingkungan. Tak hanya untuk keperluan liburan tamu yang menginap, protokol kesehatan ini juga diterapkan saat menyambut tamu dengan kepentingan bisnis, pernikahan serta social function lainnya.

Di sisi lain, Nava Hotel senantiasa menerapkan standar protokol yang berlaku, seperti melakukan prosedur pelayanan terbaru di masa kenormalan baru, layanan tanpa kontak, menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker saat di area hotel. Pihak manajemen juga selalu memonitor kesehatan para stafnya agar dapat melayani tamu dalam keadaan 100% sehat.

Hotel Manager Nava Hotel, Arif Mardiyanto, menambahkan sebagai hotel leisure favorit di Tawangmangu, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan layanan yang lebih aman dan nyaman bagi setiap tamu. Kini dengan adanya sertifikasi ini tersebut, pihaknya semakin yakin Nava Hotel dan segenap tamu dapat bersama-sama menjaga serta serta menjalankan standar yang ada agar terciptanya Safecation bagi tamu yang datang untuk liburan maupun bisnis.

Perhatikan Warna Cat Kamar Bayi, Fengsui Bilang Bisa Tenangkan Mood

“Pada Label I Do Care terdapat QR code khusus sesuai dengan perusahaan masing-masing yang bila di scan dapat memberikan informasi detail mengenai profile suatu perusahaan dan status sertifikasinya,” kata dia.

Apresiasi Membanggakan

Lime Restaurant milik Fave Hotel Manahan Solo mendapatkan penganugerahan penghargaan sebagai tempat pengelolaan pangan yang menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 dari Kementerian Kesehatan. Cluster Manager Fave Hotel Solo, Ika Florentina, menyebut pencapaian ini merupakan suatu apresiasi yang dibanggakan.

“Lime Restaurant merupakan satu- satunya restoran hotel di Solo yang mendapatkan penghargaan tersebut. Dengan diperolehnya penghargaan ini, kami dapat lebih meyakinkan kembali kepada para tamu yang berkunjung ke Fave Hotel Manahan Solo, jika restoran kami sudah sesuai standar dalam menerapkan protokol kesehatan,” papar dia terkait sertifikat hotel di Soloraya itu.

Kantong Kering, Pria dari Balikpapan Nekat Menyeberang Laut Pakai Galon

Seperti yang diketahui, Fave Hotel Manahan Solo berbenah diri untuk mempersiapkan semuanya sesuai dengan prosedur protokol kesehatan di masa pandemi. Misalnya, pada saat tamu akan masuk ke hotel, akan ada pengecekan suhu tubuh dan penggunaan hand sanitizer, proses check in kini lebih mudah karena hotel menyediakan fasilitas check in online.

“Untuk tamu yang akan menikmati fasilitas sarapan, kami menyediakan fasilitas dengan sistem pengambilan makanan oleh staf kami serta area buffet tertutup dengan akrilik dan seluruh staf selalu menggunakan APD lengkap,” paparnya.

Sedangkan untuk mengurangi kontak fisik selama berada di dalam kamar maupun di restoran, manajemen Fave Hotel menyediakan buku menu dengan sistem scan QR code. “Favehotel Manahan Solo juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area hotel maupun kamar dan bagi seluruh staf  telah melakukan rapid test secara berkala,” jelas Public Relations Fave Hotel Solo, Nonik Ratna Dewi.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya