Tutup Iklan

Hotel di Mandalika Full Booked di Tanggal Event Superbike dan MotoGP

Harga hotel di sekitar Sirkuit Mandalika pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP.

 Foto udara lintasan lurus Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). (Antara/Ahmad Subaidi)

SOLOPOS.COM - Foto udara lintasan lurus Pertamina Mandalika International Street Circuit saat matahari terbenam di KEK Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (14/10/2021). (Antara/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, MANDALIKA — Hotel di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) rata-rata sudah penuh dipesan alias full booked pada hari pelaksanaan balapan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022 di Sirkuit Mandalika.

Ketua Asosiasi Mandalika Hotel Samsul Bahri menjelaskan pihaknya telah bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola sirkuit untuk menyediakan akomodasi bagi pembalap hingga kru yang terlibat.

Jadi selain dipesan oleh calon penonton, hotel sekitar lokasi juga sudah penuh dengan pesanan “orang dalam”.

Baca juga: Dikit Lagi Jadi Gaes, Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 97%

Banyaknya peminat membuat tarif kamar hotel mengalami kenaikan saat acara Superbike dan MotoGP. Samsul menilai hal itu wajar.

“Dalam satu tahun industri hotel dibagi jadi tiga musim yaitu low session, high session dan fix session. Dikarenakan ini adalah event tahunan dan sudah terjadwal, kami kategorikan ini sebagai fix session, tentu harganya juga ada kenaikan,” jelasnya, dilansir detik.com, Jumat (15/10/2021).

Lebih lanjut, Samsul yang memegang kendali JM Hotel juga mengaku ada kenaikan harga kamar hingga 50%. Dari sebelum Covid-19 mulai dari Rp450 ribuan, untuk penginapan saat acara Superbike jadi Rp750 ribuan.

“Berapa persen tergantung dari kebijakan masing-masing hotel, ada yang 50%. Untuk MotoGP kami akan ada maintenance yang cukup besar setelah WSBK, jadi kita harus berkoordinasi dengan owner kami untuk menyesuaikan kondisi properti hotel kami dengan harga untuk MotoGP,” urai dia.

Baca juga: Surga Wisata di Mandalika, Deretan Pantai Keren hingga Desa Nan Eksotis

Salah satu hotel yang penuh dipesan untuk dua event balapan itu adalah Hotel Puri Rinjani. Hotel itumenyediakan 30 kamar tinggal, tapi tinggal 5 kamar yang tersedia di tanggal saat acara tersebut. Hal itu tak mengherankan karena lokasi hotel strategis untuk ke Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, yakni hanya sekitar 5 menit dan berada di depan pantai The Mandalika.

“Kalau untuk tanggal-tanggal Superbike dan MotoGP kita sudah full untuk kamar. Paling tersisa 2-3 kamar lagi untuk back up. Kalau WSBK 19-21 November, kemudian MotoGP kisaran 18-21 Maret [2022] itu sudah full,” kata Hotel Manager Puri Rinjani, Descha Vyana, di NTB, Kamis (14/10/2021).

Warga Lokal dan Asing

Dijelaskan Descha, kebanyakan pemesan lewat Online Travel Agent (OTA) untuk rombongan. Mereka warga lokal hingga asing yakni Eropa.

“Kemarin ada beberapa dari OTA dia langsung pesan banyak dan untuk jangka waktu kurang lebih seminggu termasuk tanggal itu (Superbike dan MotoGP), terus ada yang sudah reservasi di tanggal itu. Buat WSBK ada yang pesan satu nama sampai 15 kamar,” jelasnya.

Baca juga: Soal Mandalika, Mick Doohan: Saya Takut Bedakan Balapan atau Liburan

Dia mengakui harga hotel pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP. Dari harga saat ini Rp400 ribuan/malam di Puri Rinjani, khusus di tanggal kedua acara tersebut harganya menjadi Rp800 ribu/malam.

“Kalau harga kita jualnya di harga high session. Kalau sekarang kita masih di kisaran Rp400 ribu, tapi untuk di tanggal-tanggal (acara) itu kita sampai Rp700 ribu-800 ribu. Kalau sekarang sebenarnya juga harga pandemi,” tuturnya.


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Perusahaan AMDK Tolak Mentah-Mentah Pasang Label BPA di Galon Isi Ulang

Asosiasi Perusahaan AMDK menyebut belum ada bukti saintifik yang menunjukkan bahaya penggunaan galon isi ulang dalam jangka panjang terhadap kesehatan.

880 Juta Galon Isi Ulang Terancam Punah, Ini Penyebabnya

Revisi Peraturan BPOM ini secara tidak langsung mendorong pelaku usaha beralih dari galon isi ulang ke produk sekali pakai.

Kesejahteraan Petani Sawit Jadi Bahasan Penting di Pertemuan CPOPC 2021

Salah satu visi utama CPOPC adalah untuk menyejahterakan hidup dari jutaan petani kelapa sawit di berbagai negara produsen minyak sawit di seluruh dunia.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Dimulai, Tim Dilepas Sekda Solo

Perjalanan Tim Ekspedisi Ekonomi Digitla 2021 Solopos dimulai hari ini dari Balai Kota Solo menuju Kabupaten Semarang, Salatiga, hingga Jakarta. Tim akan memotret perembangan ekonomi digital di daerah yang disinggahi.

Ini Strategi Menteri BUMN Erick Thohir Dukung Kreator Lokal Mendunia

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyiapkan empat program atau platform mendukung kreator lokal lebih berkembang dan mendunia.

Berhadiah Motor Sport, Ini Syarat Daftar Lomba Foto Astra 2021

Astra menggelar Lomba Foto Astra 2021 dan Anugerah Pewarta Astra 2021 yang berhadiah mulai dari smartwatch hingga sepedamotor sport.

Galon Isi Ulang Terancam Punah, Apa Dampaknya Bagi Industri Minuman?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bakal mewajibkan galon isi ulang atau galon guna ulang (GGU) mencamtumkan label mengandung Bisfenol A (BPA).

Cukai Naik pada 2022, Pekerja Industri Rokok Waswas Kena PHK

Para pekerja pelinting dari industri sigaret kretek tangan (SKT) meminta pemerintah agar melindungi segmen padat karya yang menjadi sumber mata pencaharian mereka.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, 6 Hari Tim Solopos Jejalahi 5 Kota

Solopos Media Group menggelar program peliputan khusus Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dengan tema Transformasi Digital untuk Pemerataan Ekonomi.

Lebihi Target 2021, UMKM Pengguna QRIS Capai 13 Juta

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pengguna QRIS telah mencapai 13 juta merchant hingga November dan telah melebihi target 2021.

4 Tren di Tahun 2021 Ini, Bisa Bikin Kamu Tambah Cuan

Tahun 2021 banyak tren edukatif mengenai finansial, yang membuat kita jadi semakin produktif, hemat, dan cerdas dalam mengelola keuangan.

Peningkatan Mobilitas di DIY Cukup Tinggi, Inflasi Tetap Terkendali

Inflasi DIY mengalami peningkatan pada November 2021, seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat.

Bantu Angkat Nilai Tambah, Supernova Digipack Sasar UMKM

Supernova Digipack yang sudah berpengalaman di bidang produksi kemasan selama 30 tahun ini menawarkan kemudahan pengemasan produk dengan sasaran khusus kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Konversi Kompor Induksi, Masyarakat Perlu Payung Hukum dan Insentif

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menyampaikan untuk menyukseskan program konversi ke kompor induksi harus menyiapkan terlebih dahulu payung hukumnya.

Konversi Kompor Induksi, PLN Sebut Bisa Hemat Uang Negara Rp27 Triliun

PT PLN memproyeksikan program konversi elpiji ke kompor listrik untuk 30 juta penerima manfaat selama empat tahun dapat menghemat pengeluaran negara sebesar Rp27,3 triliun.

Kunci Sukses Making Indonesia 4.0 Butuh Lima Aspek Teknologi, Apa Saja?

Pada kuartal III-2021, perekonomian Indonesia tetap tumbuh positif sebesar 3,51% (yoy), meski pada saat itu sedang diterapkan pembatasan kegiatan ekonomi dan masyarakat.