SOLOPOS.COM - Manager Perwakilan Bisnis Indonesia Group Jatim Achmad Faisal Kurniawan (paling kiri) berbicara serius dengan General Manager Maxone Hotel Malang Antonius Recky Y. terkait prospek bisnis perhotelan di Malang saat mengunjungi Kantor Perwakilan Bisnis Indonesia di Malang, Selasa (19/5/2015). Maxone Hotel Malang menargetkan tingkat hunian mencapai 70% pada tahun 2015 ini. (Choirul Anam/JIBI/Bisnis)

Hotel di Malang bersaing ketat melayani tetamu kota itu. Terutama setelah hadirnya, dua hotel baru, Maxone Hotel dan The Balava Hotel.

Madiunpos.com, MALANG — Persaingan hotel bintang tiga di Malang semakin ketat dengan hadirnya dua hotel baru, yakni Maxone Hotel dan The Balava Hotel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengakuian itu dikemukakan General Manager Maxone Hotel Malang Antonius Recky Y. saat mengunjungi Kantor Perwakilan Bisnis Indonesia Group di Malang, Selasa (19/5/2015). “Hotel bintang 3 terus bermunculan karena pangsa pasar di Malang memang di kelas itu,” kata Antonius Recky.

Rerata tingkat hunian hotel di tingkat kota, kata dia, baru mencapai 40%-50% pada weekday. Kondisi tersebut masih lebih bagus bila dibandingkan di Bandung yang hanya 20%-30% saja.

Karena itulah, hotel perlu kreatif dalam menjual layanan. Dalam tingkat persaingan yang sengit, hanya hotel yang berhasil menjual layanan yang baik yang bisa eksis di tengah persaingan yang ketat.

Karena alasan itu pula, Maxone Hotel Malang menjual layanan yang baik dengan produk yang kreatif dan inovatif  untuk menjaring tamu. “Kami menjual konsep leisure, sesuai dengan tagline kami, happiness, warm, dan love,” ujarnya.

Terjemahan dari konsep tersebut, seperti menjual kolam renang yang ditempatkan di rooftop yang berdampingan dengan sky bar sehingga membuat nyaman bagi tamu. Di tengah persaingan yang ketat, yang agak terbantu bagi hotel yang masuk dalam jaringan pemasaran baik nasional maupun global.

Maxone sendiri tergabung dengan operator pemasaran hotel Milestone Pacific Hotel Group (MPHG). “Hotel yang tergabung dalam jaringan biasanya lebih luwes menghadapi perubahan. Cepat merespon keadaan,” ujarnya.

Karena alasan itulah, dia tidak muluk-muluk menargetkan tingkat okupansi Maxone Hotel. Selama dua tahun, target hunian hanya dipatok 70% saja.

Naikkan Kelas Layanan
Executive Secretary The Balava Hotel Malang Rizky Dwi Utami mengakui persaingan hotel di Malang memang sangat ketat. Dia sependapat dengan Recky bahwa pelayanan yang baik kunci dalam memenangkan persaingan yang sengit.

Untuk The Balava Hotel, meski termasuk hotel bintang tiga, akan memberikan layanan sekelas bintang empat untuk memuaskan pelanggan. Sedangkan dari tarif kamar, akan ditetapkan seluwes mungkin sehingga lebih adaptif dalam menyikapi perkembangan.

“Kami akan buka pada Juli mendatang,” ujarnya. Sedangkan Maxone akan soft opening dalam bulan ini.

Menurut Recky, meski tantangannya berat, namun dengan selesainya pembangunan tol Pandaan-Malang akan mendongkrak tingkat hunian hotel di Malang dan sekitarnya secara signifikan. Namun, sebelum tol selesai dibangun dan beroperasi, maka pengelola hotel harus bekerja keras untuk dapat mempertahankan tingkat hunian hotel akan keberlangsungan usaha tetap terjaga dan aman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya