SOLOPOS.COM - Aston Madiun Hotel & Conference Center (aston-international.com)

Hotel di Madiun akan semakin banyak seiring masuknya pengajuan perizinan pendirian hotel baru sejak 2015.

Madiunpos.com, MADIUN — Hotel berbintang akan semakin bertaburan di Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Perekonomian Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Madiun, Darno, membenarkan dua hotel dari jaringan internasional sedang merasuk ke Kota Gadis. Dia enggan menyebut nama kedua jaringan hotel internasional tersebut karena belum selesai dalam memproses berkas perizinan.

Meski demikian, dia membenarkan nilai investasi yang ditanamkan dua jaringan hotel internasional itu cukup menggiurkan, mencapai Rp200 miliar. “Mereka masih memproses berkas perizinan. Kalau sudah selesai mengumpulkan berkas, saya bisa sebutkan [nama jaringan hotel internasional]. Intinya, ada pengajuan pendirian dua hotel di Kota Madiun untuk tahun 2016,” kata Darno saat dijumpai Madiunpos.com di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2016).

Darno menyampaikan menggeliatnya investor bidang perhotelan yang masuk Kota Madiun tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun yang mendukung iklim investasi. Menurut dia, berkembangnya iklim investasi bidang perhotelan di Kota Gadis didukung kelengkapan fasilitas pusat perbelanjaan dan perusahaan jasa.

Lebih lanjut, Darno mengiyakan sektor pariwisata di Kota Madiun tidak begitu mendukung perkembangan iklim investasi bidang perhotelan. “Kota Madiun tidak seperti Kota Solo Jawa Tengah yang iklim investasinya mengalami perkembangan cukup pesat karena didukung beragam fasilitas, termasuk potensi pariwisata yang baik,” ujar Darno.

Jasa Lebih Cocok
Darno melihat Pemkot Madiun memang membuka lebar kehadiran investor di sektor jasa. Menurut dia, sektor tersebut lebih cocok masuk dibanding investasi bidang industri yang membutuhkan lahan luas, padahal Kota Madiun hanya 33,7 km2. Darno menjelaskan banyaknya hotel yang masuk Kota Madiun akan berimbas positif pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Sementara itu, Public Relations Officer Aston Madiun Hotel & Conference Center, Leli Liana, membenarkan Archipelago International yang merupakan salah satu operator hotel di Indonesia sedang memproses perizinan dalam pembangunan hotel di Jl. Agus Salim, Kota Madiun. Berdasarkan informasi yang dihimpun, dia menyampaikan proses pembangunan hotel tersebut bakal dilakukan mulai Februari 2016.

“Nama hotel masih belum boleh di publish, namun yang pasti international chain hotel. Kira-kira hotel itu 150 kamar,” kata Leni Lina. Sebagai informasi, Archipelago International juga mengoperasikan Aston Madiun Hotel & Conference Center. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya