SOLOPOS.COM - Ilustrasi check in di hotel (Dailyfinance.com)

Hotel di Jogja menunai tamu pada libur akhir pekan panjang.

Harianjogja.com, JOGJA — Libur panjang perayaan Paskah, okupansi di sejumlah hotel berbintang mencapai lebih dari 90%. Bahkan, hotel-hotel non bintang juga tidak luput dari serbuan tamu yang ingin menghabiskan liburan long weekend di Jogja.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) DIY, Istidjab M. Danunagoro menuturkan hotel di ring satu yakni di kawasan Malioboro hampir terisi penuh dengan rata-rata okupansi lebih dari 90%. Sedangkan untuk okupansi hotel yang berada di ring dua mencapai 80%.

“Sudah mulai penuh sejak Jumat malam. Bahkan tidak hanya di hotel bintang, hotel non-bintang okupansinya juga lebih dari 50 persen,” ujar Istidjab, Sabtu (15/4/2017)

Istidjab mengatakan libur panjang di bulan ini jumlah tamu yang menginap di Jogja diperkirakan lebih banyak dibandingkan dengan libur panjang akhir pekan sebelumnya. Pasalnya, bulan depan sudah mulai Ramadhan, sehingga tamu mulai banyak memanfaatkan waktu libur panjang untuk berlibur di Jogja.

“Menghadapi puasa, hotel juga sudah mulai menabung. Karena di Ramadhan nanti okupansi akan rendah,” imbuh Istidjab.

Bukan hanya perhotelan yang diserbu tamu di liburan Paskah kali ini. Pusat perbelanjaan di Jogja juga ramai diserbu pengunjung. Sejumlah promo menarik di Hari Raya Paskah yang ditawarkan tenant mal, memberikan daya tarik berbelanja bagi masyarakat Jogja.

Public Relation Plaza Ambarrukmo Wahyu Hidayati MHS mengungkapkan pengunjung yang datang setiap akhir pekan di mal ini biasanya mencapai 20.000-30.000 orang. Namun, dengan berbagai event yang digelar jumlah kunjungan bisa naik maksimal sampai 40.000 pengunjung per hari.

“Hari ini ada pameran properti, menarik minat keluarga. Memang saat weekend, pengunjung Plaza Ambarrukmo cenderung naik sampai malam hari,” papar Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya