SOLOPOS.COM - Ilustrasi hotel-hotel di Kota Semarang. (accorhotels.com)

Hotel di Jateng menangguk peningkatan rata-rata lama menginap (RTM) menjadi 1,47 malam.

Semarangpos.com, SEMARANG – Rata-rata lama menginap (RLM) tamu mancananegara dan domestik di seluruh hotel berbintang di Jawa Tengah (Jateng) pada bulan Januari 2016 tercatat 1,47 malam.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“RLM tamu mancanegara dan domestik di hotel berbintang pada Januari mengalami kenaikan sebesar 0,11 poin dibandingkan Desember 2015 sebesar 1,36 malam,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng Margo Yuwono akhir pekan lalu.

Dia memerinci untuk RLM tamu asing atau mancanagera selama 2,61 malam dan untuk tamu domestik dalam negeri selama 1,45 malam. “Khusus untuk RLM tamu asing pada bulan Januari memang mengalami penurunan sebesar 0,17 poin dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,78 malam. Sedangkan RLM tamu domestik naik sebesar 0,11 poin,” ujarnya.

Berdasarkan data BPS Jateng, penurunan RLM tamu asing terjadi pada hotel bintang lima yang turun sebesar 1,08 poin, tapi untuk hotel bintang satu sampai empat naik sebesar 0,01 poin. Sedangkan kenaikan RLM tamu domestik dipengaruhi kenaikan pada hotel bintang satu sampai empat, hanya pada hotel bintang tiga mengalami penurunan sebesar 0,01 poin.

Meski RLM tamu hotel berbintang mengalami kenaikan, namun berdasarkan data BPS Jateng tingkat hunian kamar hotel berbintang di Jateng pada Januari 2016 mengalami penurunan sebesar 10.00 poin. Tingkat hunian kamar  hotel berbintang pada Januari tercatat sebesar 39,67% mengalami penurunan dibandingkan Desember 2015 sebesar 49,67%. Tingkat hunian kamar tertinggi pada hotel bintang lima sebesar 57,05% dan terendah hotel bintang satu di Jateng sebesar 34,33%.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya