SOLOPOS.COM - Joko Widodo (Espos/dok)

Solo (Solopos.com) – Pendirian hotel baru di Kota Solo saat ini hanya terbuka bagi hotel bintang satu dan bintang dua. Sementara, untuk hotel bintang empat dan lima, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menegaskan mulai dikendalikan tanpa ada batas waktu.

Hal ini diungkapkan Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), Selasa (10/5). “Kami tidak menghentikan izin pendirian hotel baru. Kami hanya berusaha mengendalikan. Caranya, untuk hotel bintang satu dan bintang dua masih bisa, silakan kalau ada yang mau bangun di Solo, tapi untuk hotel bintang empat dan lima, kami kendalikan untuk sementara waktu,” tutur Jokowi.

Ia menegaskan, pengendalian itu bukan berarti menghentikan izin hotel baru. “Hanya kami kendalikan. Karena kalau nanti pasar sudah benar-benar luas, market hotel tumbuh signifikan, peluang bagi hotel bintang empat dan lima ada kemungkinan kami buka lagi.”

Saat ini di Kota Solo akan dibangun delapan hingga tiga belas hotel baru lagi. Di mana, dari wacana pembangunan hotel tersebut banyak kalangan hotel yang ketar-ketir, mengingat market industri hotel di Solo belum seimbang.

Jokowi menyampaikan kunci agar market industri hotel bisa tumbuh signifikan adalah pembangunan exhibition hall yang diakuinya masih menemui kendala dan belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Dari wacana ini, Pejabat Humas Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Bambang Gunadi, menyambut baik upaya pengendalian hotel berbintang. Tetapi, menurut Bambang, dari delapan hingga tiga belas hotel yang saat ini sudah antre membangun, Pemkot perlu mempertimbangkan waktu pembangunan hotel-hotel tersebut. “Kalau bisa Pemkot mengatur agar hotel-hotel itu dibangun bertahap. Dua hotel dibangun, kemudian evaluasi. Jika pasar masih memungkinkan, lanjutkan untuk hotel yang lain. Jangan bersamaan, mengingat pasar Solo belum seimbang.”

haw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya