Infografis Piala Dunia U-20/2021 (Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah hotel berbintang di Soloraya siap memberikan akomodasi terbaik guna mendukung Stadion Manahan, Solo, sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Hal ini lantaran hotel berbintang sudah terbiasa menerima dan melayani tamu atlet level internasional yang bertanding di Kota Solo.

Marcom Manager Novotel dan Ibis Style Solo, Tiwik Widowati, mengatakan Novotel terus melakukan perbaikan sejumlah fasilitas.

“Sejauh ini belum ada pemesanan dari panitia atau ofisial, selain dari salah satu stasiun televisi swasta nasional yang sudah menanyakan ketersediaan kamar. Meskipun demikian, untuk persiapan sejauh ini adalah perbaikan fasilitas hingga kamar bergiliran direnovasi,” ujarnya, kepada solopos.com, Senin (28/10/2019).

Tiwik menjelaskan hotel jaringan Accor ini pernah menjadi tempat menginap pemain sepak bola tim nasional (Timnas) Indonesia ataupun tim lawan. Begitu pula dengan pemain liga sepak bola nasional.

Adapun hal yang menjadi perhatian untuk para atlet adalah kebutuhan makanan, menu, fasilitas fitness, sauna, kamar, hingga keamanan.

“Kalau Timnas itu biasanya memakai hotel bintang empat minimal. Jadi, kami siap menyediakan sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Asisten Manajer Public Relation The Alana Hotel and Convention Solo, Angela Stevanie, mengatakan hotel bintang empat ini juga berpengalaman menjamu para atlet terkait akomodasi, mulai dari para pemain Timnas hingga atlet National Paralympic Committee (NPC).

Dengan demikian, pihaknya paham apa saja yang menjadi kebutuhan para atlet Piala Dunia U-20. Alana memiliki sebanyak 247 kamar dengan 6 tipe kamar.

“Kami pasti meningkatkan fasilitas bagi para atlet internasional tersebut. Ini termasuk makanan dan sarana prasarana. Bahkan, kami akan menyuguhkan konsep hiburan menarik bagi mereka. Misalnya, soal makanan tentu menjadi catatan khusus karena atlet punya menu tersendiri,” paparnya.

Menurutnya, status Alana yang notabene jaringan hotel internasional Archipelago menjadi daya tawar tersendiri. Dalam hal ini, standardisasi hotel bintang empat level internasional. Ini pun didukung dengan hotelier yang berpengalaman di bidangnya.

Manajer Public Relation Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, menjelaskan sarana dan prasarana hotel untuk mendukung aktivitas para atlet cukup lengkap.

Hal ini dibuktikan dengan berulang kali hotel bintang lima ini menjadi tempat akomodasi sejumlah event olahraga baik nasional maupun internasional, seperti pencak silat, NPC, dan tim sepak bola.

“Kami siapkan seluruh fasilitas pendukung untuk atlet. Dari gym, jogging track, lapangan voli pantai, hingga lapangan tenis. Kalau dari sisi food and beverage, catatannya makanan mesti terpenuhi nutrisinya. Biasanya sudah ada standar menu khusus atlet, berapa kalori, karbo dan sebagainya. Kami nanti akan tambah dengan entertainment seperti live music,” ungkapnya.

Di sisi lain, sertifikasi sebagai hotel bintang lima membuktikan standar pelayanan serta sarana dan prasarana yang dimiliki. Dalam hal ini kompetensi para hotelier hotel dijamin sesuai standar bintang. Salah satunya kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris.

“Biasanya HRD [human resource department] akan lebih fokus lagi memberi pelatihan terutama untuk staf in charge yang langsung bersinggungan dengan tamu,” jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten