SOLOPOS.COM - Grya Segaran Solo (Istimewa)

Grya Segaran Solo (Istimewa)

SOLO—Restoran dan Hotel Grya Segaran bakal makin serius memperkuat citra restoran yang membidik kalangan wisatawan, khususnya wisatawan asing.

Setelah satu tahun beroperasi di Solo, kini manajemen Grya Segaran mulai melakukan kerja sama dengan kalangan travel agent . Selama ini, restoran yang menawarkan konsep budaya Jawa dengan sedikit sentuhan ala kolonial itu hanya memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan website untuk berjualan.

Operational Manager Grya Segaran, Eka Kalpika Supra Bantara, menyampaikan owner menginginkan restoran itu bisa menjadi jujugan wisatawan yang datang ke Solo. “Maka mulai saat ini kami ingin memperkuat kerja sama kami dengan travel agent dan tour guide,” kata Eka, saat ditemui wartawan, di restoran yang berlokasi di Jl KS Tubun 31 Manahan Solo, Sabtu (16/2/2013).

Pihaknya berharap, dengan kerja sama ini maka tingkat penjualan dan kunjungan ke Grya Segaran bisa meningkat. Selama ini, kata dia, penjualan di Grya Segaran rata-rata baru di kisaran 60-90 pax per bulan. “Dengan model kerja sama ini kami punya target penjualan 200 pax per hari.”

Grya Segaran, adalah restoran yang dipadukan dengan hotel. Di Hotel Grya Segaran memang hanya ada lima kamar, dan hanya empat kamar yang dikomersialkan, serta satu pendopo yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai event. Selama ini, tingkat hunian di hotel tersebut juga masih minim hanya berkisar 40%.

“Mulai tahun ini kami fokus bidik pasar wisatawan. Targetnya, 60% pasar wisatawan asing dan 40% wisatawan domestik.” Dia mengatakan,tamu restoran selama ini masih banyak didominasi pengunjung ritel dari kalangan famili. Dengan berkembangnya Solo sebagai kota wisata, maka sudah saatnya Grya Segaran ikut andil dalam perkembangan industri tersebut.

“Kami optimistis bisa menjadi tempat kuliner yang menarik bagi wisatawan,” ujar dia. Sementara, untuk memperkuat kerja sama dengan pelaku travel agent dan tour guide, manajemen Grya Segaran menawarkan program berhadiah bagi travel agent yang paling banyak membawa tamu ke restoran tersebut.

Eka kembali menjelaskan, Grya Segaran adalah restoran yang menawarkan aneka makanan tradisional Jawa dan western, serta aneka minuman herbal dan jus buah segar. Restoran tersebut berkapasitas kurang lebih 40 pax. Di restoran itu juga ada tempat karaoke keluarga yang berkapasitas delapan orang, private meeting room, joglo serta sewa sepeda ontel bagi para tamu.

Sementara, menu khas yang ada di Grya Segaran ada bermacam-macam tetapi unggulannya adalah pemakaian saus rendang. Untuk minuman khas, lanjut Eka, Grya Segaran memiliki es watu ngimun dan es watu jerang yang menjadi minuman unggulan.

“Es watu ngimun adalah jus perpaduan antara kemangi, timun dan jeruk nipis. Ini minuman berkhasiat. Begitu pula es watu jerang yang merupakan jus jeruk dan anggur.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya