SOLOPOS.COM - Ular kobra (Newsweek)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL -- Jika masyarakat di berbagai wilayah Jawa Tengah (Jateng) dihantui tawon ndas atau Vespa affinis, di Gunungkidul muncul fenomena lain. Warga Kepek, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dihantui belasan anak ular kobra.

Ervan Bambang Dermanto, warga Dusun Kepek, menemukan anak ular kobra berukuran jempol tangan orang dewasa sedang berkeliaran di kamar mandi, Selasa (3/12/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia kemudian menangkap ular berbisa tersebut dan memberikannya kepada pawang. Menurut Ervan Bambang Dermanto, fenomena kemunculan anak ular kobra ini pasti terjadi saat akhir tahun.

Kisah Edgar Marvelo, Raih Emas SEA Games 2019 Beberapa Jam Setelah Ayah Meninggal

"Setiap akhir tahun warga menangkap anak kobra. Sampai sekarang induk kobra belum diketahui," beber Ervan yang dilansir Harian Jogja, Rabu (4/12/2019).

Resah dengan teror anak ular kobra, warga mendatangkan pawang ular untuk menemukan induk ular kobra. "Kami belum tahu di mana sarang ular dan ini yang meresahkan," sambungnya.

Pemkab Sukoharjo akan Gelar Khitan Massal Gratis, Ini Jadwal dan Syaratnya!

Sementara itu, Kepala Dusun Kepek I, Sukirno, mengakui setiap akhir tahun terjadi fenomena kemunculan anak ular kobra berukuran 30 cm. Hal itu sudah terjadi terjadi dalam empat tahun terakhir.

"Induknya belum tertangkap. Warga takut. Kalau induk dibiarkan populasinya bertambah banyak," kata Sukirno.

Video Detik-Detik Lisus Terjang Lapak Pedagang Taman Pancasila Karanganyar

Lebih lanjut, sepanjang 2017 hingga 2018, warga Dukuh Kepek 1 RT 6 berhasil menangkap sekitar 49 anak kobra. Dalam empat hari ini, warga bahkan mengaku telah menangkap 11 ekor ular kobra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya