Tutup Iklan

Horor! Ini Cerita Penyelam di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck di perairan Lamongan tahun 1936 dikenal angker.

 Kapal Van der Wijck yang tenggelam pada 1936 di perairan Lamongan, Jawa Timur selesai dieksplorasi, Kamis (21/10/2021). (Detikcom)

SOLOPOS.COM - Kapal Van der Wijck yang tenggelam pada 1936 di perairan Lamongan, Jawa Timur selesai dieksplorasi, Kamis (21/10/2021). (Detikcom)

Solopos.com, LAMONGAN — Lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck di perairan Lamongan dikenal angker. Kapal Van der Wijck tenggelam tahun 1936 dan bangkainya sudah ditemukan.

Seperti dilansir dari Detikcom, salah seorang penyelam yang ikut dalam eksplorasi kapal Van der Wijck, Faizin, mengakui bahwa lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck angker. Hal itu membuat banyak warga tidak berani menyelam di lokasi tersebut.

Warga Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong ini juga mengalami kejadian aneh saat menyelam di sekitar lokasi tenggelamnya Kapal Van der Wijck. “Banyak warga sejak dulu meyakini bahwa di sekitar lokasi kapal tenggelam itu memang angker,” kata Faizin usai menerima penghargaan dari Bupati Lamongan atas keikutsertaannya dalam eksplorasi, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga : Karam Sejak 1936, Bangkai Kapal Van Der Wijck Akhirnya Ditemukan

Karena dianggap angker, lanjut Faizin, banyak penyelam lokal tidak bersedia menerima ajakan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Tetapi, Faizin memberanikan diri ikut menyelam demi membantu tim arkeolog menguak keberadaan Kapal van der Wijck. “Banyak warga yang tidak bersedia ikut menyelam karena memang mendengar atau mengalami sendiri,” ujarnya.

Faizin mengaku mengalami kejadian aneh saat menyelam. Salah satunya, ia melihat penampakan ikan barakuda tinggal separuh, yaitu bagian kepala sampai sirip tengah saja. “Ada 2 sesi menyelam selama sehari itu. Dan ikan ini saya lihat saat sesi kedua,” kata Faizin.

Kapok Menyelam

Faizin juga mengungkapkan ikan barakuda itu ukurannya sangat besar. Seukuran manusia dewasa dengan panjang sekitar 5 meter. Namun tidak ada bagian buntutnya. “Saat menyelam itu saya menoleh dan melihat penampakan ikan barakuda yang hanya separuh ini,” jelasnya.

Baca Juga : Situs Watu Kucur di Jombang, Dulu Punden yang Dikeramatkan Warga

Dia mengaku sudah mendengar cerita itu dulu. Tetapi, kini dia telah membuktikan dan melihat langsung keanehan di lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck. Bahkan, Faizin mengaku sudah tidak berani menyelam di sekitar lokasi tenggelamnya kapal itu.

“Setelahnya saya tidak berani turun lagi. Karena saat itu saya hanya menyelam sendiri dan bakal ada yang tidak percaya dengan apa yang saya lihat ini,” lanjutnya.

Salah seorang nelayan Brondong, Nurwakhid, mengakui apa yang diceritakan Faizin. Wakhid, sapaan akrabnya, menyebut tempat atau titik di mana Kapal Van der Wijck tenggelam dikenal angker. “Warga memang mengenal sekitar lokasi temuan kapal itu angker,” ujar Wakhid.

Baca Juga : Hiii! Ada Lorong Bawah Tanah Sepanjang 300 Meter di Makodim Banyuwangi

Seperti diketahui, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan bekerja sama dengan BPCB Jawa Timur melanjutkan eksplorasi Kapal Van der Wijck yang diceritakan tenggelam di perairan Lamongan pada 1936. Kapal Van der Wijck merupakan kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM).

Kapal dibuat Maatschappij Fijenoord, Rotterdam tahun 1921. Nama kapal diambil dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa tahun 1893 hingga 1899, yakni Carel Herman Aart van Der Wijck. Gubernur itu melayani kawasan perairan di Hindia Belanda.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Ibu Novia Tolak Autopsi, Kasus Bunuh Diri Anaknya Dianggap Musibah

Ibu Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerto yang bunuh diri di makam sang ayah, sudah ikhlas menerima kasus kematian anaknya sebagai musibah.

Kasus Novia Bunuh Diri, Ini Pengakuan Ibunya

Ibunda Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerjo, Jatim, yang bunuh diri di kuburan ayahnya menolak jasad anaknya diautopsi dan meminta kasus tersebut tidak dibesar-besarkan.

Catatan Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818-2021

Gunung Semeru memiliki catatan sejarah erupsi yang panjang sejak 1818 sampai sekarang.

Misteri Gunung Semeru: Paku Bumi Jawa Ditancapkan Para Dewa

Gunung Semeru menyimpan sederet kisah misteri, termasuk asal-usulnya yang disebut sebagai paku bumi Jawa yang dibawa para dewa.

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Lumajang Diminta Jauhi DAS

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan aktivitas pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Seluruh Rumah Warga di Satu Dusun Hancur Akibat Erupsi Gunung Semeru

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melaporkan hampir seluruh rumah di satu dusun hancur akibat erupsi Gunung Semeru.

Potensi Erupsi Susulan Gunung Semeru, Ini Kata PVMBG

PVMBG mengaku terus memantu potensi terjadinya erupsi susulan di Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim), yang baru saja meletus dan mengeluarkan abu vulkanik.

Lewat Siaga Kita, Pekerja Informal di Madiun Terima Perlindungan Sosial

Pemkot Madiun memberikan jaminan sosial bagi pekerja informal melalui program Siaga Kita, yakni jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Sejarah Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim

Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), kembali meletus atau erupsi, berikut sejarah erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu.

Kisah Pilu Mahasiswi Mojokerto Viral Lewat Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di jagat Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang diduga bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Semeru 2 Kali Muntahkan Guguran Lava Pijar, Dua Kecamatan Gelap Pekat

PVMBG Kementerian ESDM menyebut dua guguran lava pijar meluncur dengan jarak 500 meter dan 800 meter.

Gunung Semeru Erupsi, Begini Suasana di Lumajang

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengalami erupsi atau meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Beredar Isi Percakapan Mahasiswi Mojokerto Sebelum Meninggal, Soal Apa?

Sejumlah tangkapan layar berisi percakapan mendiang NWR, 23, dengan seseorang yang dia panggil "Mama" beredar di media sosial.

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore dan Awan Panas Guguran [APG] turun mengarah Curah Kobokan.

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).