SOLOPOS.COM - Ilustrasi horor, seram (Freepik)

Solopospos.com, SEMARANG – Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kota Semarang tak hanya dikenal sebagai kota besar, karena ternyata juga memiliki sederet cerita horor.

Cerita seram atau horor itu pun banyak yang berhubungan dengan nama tempat atau jalan. Bahkan beberapa ruas jalan di Kota Semarang hingga kini dipercaya menyimpan banyak kisah mistis yang menakutkan.

Promosi 5 Tahun Terakhir Setoran Dividen dan Pajak BRI ke Negara Capai Rp149,2 Triliun

Ketua komunitas Semarangker, Pamuji Yuono, membenarkan tentang adanya sejumlah ruas jalan di Kota Semarang yang diyakini memiliki kisah mistis atau horor. Ruas jalan itu antara lain Jalan Setiabudi atau tepatnya di tanjakan Bukit Gombel.

“Mitosnya sih kalau lewat sana [tanjakan Gombel] nanti diboncengin wewe gombel [sejenis hantu perempuan tua],” ujar Pamuji kepada wartawan di Semarang, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Kisah Horor! Tol Malang-Sidoarjo Ditempuh Hanya 23 Menit

Selain tanjakan Gombel, Pamuji juga menyebut ada beberapa ruas jalan yang horor dan konon berhantu seperti jalan di sepanjang terowongan Bendan, jalan Bergota, ruas jalan Silayur, dan ruas jalan Sigarbencah.

“Kalau di terowongan Bendan, mitosnya diadang sosok perempuan. Sedangkan di jalan Bergota sering ada penampakan pocong,” tuturnya.

Sementara itu di jalan Silayur, konon ada penampakan hantu tanpa kepala. Sedangkan di Sigar Becah, mitosnya ada penampakan ular besar dan korban kecelakaan.

Baca jugaHii...Ada Kampung Mati di Ponorogo, Baru Hidup Saat Lebaran

Mengunjungi Tempat Angker

Meski demikian, Pamuji mengaku cerita-cerita horor itu hanya mitos belaka dan belum terbukti kebenarannya. Bahkan, Pamuji bersama anggotanya di Semarangker pernah mencoba mengunjungi tempat-tempat angker di Semarang tersebut. Hal itu dilakukan guna memecah mitos yang selama ini diyakini sebagian masyarakat.

“Kami pernah menjelajah semua jalan itu. Intinya, selama kita berdoa sesuai agama dan kepercayaan, aman kok,” tutur Pamuji.

Pamuji menyebut jika seseorang sudah merasa waswas dan takut, setan dan jin akan berusaha mengganggu. Setan dan jin akan memanfaatkan ketakutan seseorang untuk mempengaruhi serta memvisualkan apa yang dipikirkan.

“Contoh, saat kita menjelajah di jalan Bendan yang katanya horor, kita ketakutan. Maka, setan atau jin akan memanfaatkannya dengan menunjukkan apa yang dipikirkan oleh orang yang takut itu. Sehingga ketakutannya bertambah dan jadi kesurupan. Kejadian ini pernah menimpa orang yang pernah ikut tur Semarangker, menjelajah tempat angker,” tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya