SOLOPOS.COM - Deretan bangunan tampak masih dalam proses pembangunan di Horison Villa & Golf Gambir Anom, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. (Foto: Agoes R/JIBI/SOLOPOS)

Deretan bangunan tampak masih dalam proses pembangunan di Horison Villa & Golf Gambir Anom, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. (Foto: Agoes R/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI—PT Metropolitan Golden Management (MGM) menyatakan siap mengelola tiga hotel yang ada di Soloraya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain mengelola Horison Gambir Anom Villa&Golf yang dikembangkan PT Graha Abadi Sentosa, MGM juga siap mengelola hotel yang akan dibangun di eks Mal Megaland Solo dan satu hotel syariah di wilayah Pasar Kliwon, Solo. Director of Operations MGM, Basari Bachri, menyampaikan ketiga hotel tersebut masuk ke dalam 60 hotel yang siap dikelola MGM hingga tahun 2015.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan, eks Mal Megaland Solo saat ini sudah mulai tahap renovasi. Dan harapannya bisa beroperasi tahun 2013. Sementara, hotel syariah di Pasar Kliwon akan dimulai proses pembangunannya tahun 2013. Di Pasar Kliwon, MGM mengusung branding Hotel Azizah.

Mengenai operasional Horison Gambir Anom Villa&Golf, Basari mengatakan konsep hotel yang ada di properti tersebut menjadi varian baru MGM. Jika biasanya MGM mengelola hotel dengan konsep high rise building, Horison Gambir Anom Villa&Golf menghadirkan konsep yang berbeda. “Yaitu konsep vilatel. Dari sisi operasional sama dengan hotel kami lainnya. Tapi, karena Gambir Anom ini hadir dengan konsep vila, maka ada hal khusus yang dipersiapkan terutama mengenai sumber daya manusia (SDM),” kata Basari, kepada wartawan, di sela-sela Soft Opening Horison Gambir Anom Villa&Golf, Sabtu (24/11/2012).

Vilatel ini menyediakan 105 unit kamar. Meski konsepnya vila, tapi hotel ini memiliki fasilitas yang sama seperti hotel pada umumnya. Mulai dari fasilitas fitnes dan spa hingga fasilitas meeting. “Jadi segmen pasarnya bisa lebih luas. Selain segmen bisnis, hotel ini sangat cocok bagi segmen famili.”

Hotel yang berlokasi tepatnya di Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali ini juga dekat dengan Bandara Adi Soemarmo Solo. Maka pasar akan lebih diperluas melalui kerja sama dengan maskapai penerbangan.

Owner PT Graha Abadi Sentosa, Adib Ajiputra, menyampaikan Horison Gambir Anom Villa&Golf memiliki empat ruang meeting yang terdiri dari satu ruang meeting eksklusif dan tiga ruang meeting standar yang bisa menampung masing-masing 100 orang. Hotel itu juga memiliki ballroom berkapasitas 800 orang.

Di tahun 2013, Horison Gambir Anom Villa&Golf siap melakukan pengembangan baik ke sisi utara maupun barat. Ke utara, vilatel tersebut akan dibuat koneksi langsung dengan lapangan golf. Selain itu, juga akan dikembangkan villa resort berjumlah 20 unit. Sementara, ke barat akan dibangun hotel. “Di sisi barat kami masih punya tanah seluas 4.000 meter persegi, dan akan kami bangun hotel. Murni dalam bentuk hotel.”

Pengembangan ini, lanjut Adib, diharapkan mampu memenuhi permintaan kamar bagi 500 orang. Dengan kapasitas saat ini, 105 kamar itu diperkirakan hanya bisa melayani permintaan menginap 300 orang.

General Manager Horison Gambir Anom Villa&Golf, Sugiarto, menyampaikan target okupansi hotel tersebut adalah 70%. Dari 105 kamar yang disediakan, saat ini yang sudah siap beroperasi adalah 60 kamar atau 30 vila. “Sisanya masih tahap finishing.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya